Lengkap! Mengenal Sandi Jam, Semaphore, Kotak, Angka dalam Kegiatan Pramuka dan Penerapannya

 

(ilustrasi) Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang pada peringatan HUT ke-60 Pramuka di Tana Tidung. Kenali lebih jauh apa itu Sandi Jam, Sandi Semaphore, Sandi Kotak, Sandi Angka dan Sandi Pramuka lainnya yang sering digunakan dan penerapannya.
Lengkap! Mengenal Sandi Jam, Semaphore, Kotak, Angka dalam Kegiatan Pramuka dan Penerapannya

Sandi pada pramuka biasanya dipraktikkan dalam setiap kegiatan.

Sandi-sandi pramuka ini biasanya digunakan untuk memecahkan teka-teki dalam sebuah permainan, ataupun sebagai media komunikasi antar regu agar sebagai strategi kelompok tidak diketahui kelompok lainnya.

Selain itu sandi tersebut juga berguna bagi para pencinta alam agar tidak tersesat.

Untuk itu, kenali lebih jauh apa itu Sandi Jam, Sandi Semaphore, Sandi Kotak, Sandi Angka dan Sandi Pramuka lainnya digunakan dan penerapannya yang dirangkum TribunKaltim.co dari berbagai sumber:

1. Sandi AND

Macam sandi Pramuka berikutnya adalah sandi AND. Berbeda dengan sandi-sandi sebelumnya, sandi pramuka yang satu ini menggunakan berbagai kata yang terdiri dari huruf AND sebagai komponen penyusun kata. Dalam sandi ini, huruf AND tidak perlu dibaca sehingga huruf yang tersisa dapat disusun dengan huruf lain sampai membentuk sebuah kata atau beberapa kata. Untuk lebih jelas dapat melihat contoh berikut.

Diberikan kata sandi ANDA KANDU ANDA DANDA DANDI SANDI NANDI. Saat huruf AND pada masing-masing kata dihilangkan, sehingga tersisa beberapa huruf yang dapat membentuk kalimat, AKU ADA DI SINI. Ini juga termasuk salah satu macam sandi Pramuka yang mudah diingat dan dipraktikkan.

2. Sandi Kotak

Sandi Pramuka selanjutnya adalah sandi kotak. Sandi kotak ini diketahui menggunakan bahasa sansekerta yang bersifat rahasia. Artinya berbagai kode yang terdapat dalam sandi kotak ini hanya diketahui oleh masing-masing regu dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka. Biasanya ssandi Pramuka yang satu ini digunakan saat kegiatan berkemah, untuk melatih masing-masing regu menyelesaikan teka-teki yang diberikan dalam sebuah permainan.

Dalam sandi ini, biasanya kata sandi dilambangkan oleh tanda garis lurus, garis tegak lurus, dan kotak dengan berbagai variasinya. Tanda garis tersebut biasanya juga dilengkapi dengan tanda titik yang jika digabungkan menjadi lambang huruf abjad tertentu. Sehingga jika dikombinasikan dengan kode sandi yang lain bisa membentuk sebuah huruf yang dapat dibaca.

3. Sandi Rumput

Macam sandi Pramuka yang sering digunakan dalam kegiatan Pramuka selanjutnya adalah sandi rumput. Seperti namanya, sandi rumput berupa berbagai lambang yang berbentuk seperti rumput dengan segala variasinya. Masing-masing variasi lambang rumput tersebut mewakili huruf abjad tertentu. Cara membacanya pun sama, yaitu mencari huruf pengganti dari masing-masing lambang rumput yang diberikan. Dengan begitu, hasilnya bisa membantuk sebuah kata hingga kalimat.

4. Sandi Sungai

Sandi sungai ini juga disebut dengan sandi 5 per 8, karena sandi ini terdiri dari 8 kolom dan 5 baris. Masing-masing kolom dan baris terdapat variasi huruf yang nantinya akan dibaca dengan arah berlawanan atau berseberangan. Sebagai contoh pada diberikan kode sandi OZO LOWOEO VOQPOQ BYHOS. Dengan menyimak kolom sandi di atas, masing-masing huruf pada kode sandi tersebut dicari huruf penggantinya. Sehingga hasilnya dapat dibaca ADA BAHAYA JANGAN LEWAT. Ini juga termasuk salah satu macam sandi Pramuka yang mudah dipraktikkan dalam kegiatan-kegiatan Pramuka.

5. Sandi Angka

Selanjutnya, macam sandi pramuka ini digunakan dengan cara mengurutkan angka mulai dari 1 hingga angka berikutnya. Pengurutan angka ini harus disesuaikan dengan urutan abjad. Seperti contoh A= 1, B= 2, C= 3, D= 4, E,= 5, dan seterusnya hingga urutan angka ke-26 untuk huruf abjad Z.

6. Sandi Kata

Sandi ini dibaca dengan menghilangkan atau tidak membaca huruf AND. Contohnya adalah RANDA MANDU. Huruf AND dihilangkan, maka dibaca RAMU.

7. Sandi Koordinat

Sandi ini dibaca dengan mengurutkan antar angka yang saling berkaitan. Misalnya untuk membentuk huruf A, maka sandi koordinatnya adalah 1:1. Huruf B 2:1, huruf C 3:1, huruf D 4:1, huruf E 5:1, dan seterusnya. Angka yang digunakan dalam sandi koordinat ini terbatas, yakni hanya dari angka satu hingga angka 5.

8. Sandi Jam

Kemudian mengenai sandi jam yakni merupakan sebuah sandi yang proses pembuatannya yakni dengan cara menentukan waktu tertentu untuk dijadikan sebagai patokannya. Contohnya saja seperti pada pukul 07.00 yang artinya menunjukkan huruf A , namun apabila beda waktu yang akan dipergunakan ialah misalnya setiap 5 menit maka akan mengarahkan pada pukul 07.05 yang berarti menunjukkan huruf B, dan begitu juga seterusnya.

9. Sandi Semaphore

Kemudian mengenai Sandi semaphore ialah merupakan sebuah sandi pramuka yang biasanya menggunakan objek bendera denga ncara digerakkan oleh kedua tangan kita. Maka nantinya dari beberapa simbol-simbol dalam semaphore akan diterjemahkan dan bentuk menjadi sebuah huruf dan angka. Agar kalian bisa merumuskan sandi angka, maka sebelum kalian memulai sandi tersebut maka terlebih dahulu harus diawali dengan sandi juga. Kemudian “Nomor” maka apabila anda ingin membuat suatu sandi huruf maka terlebih dahulu anda bisa membuat sinyal “J” Sejumlah sandi lainnya yang sering biasa dipakai dalam semaphore ialah;

a. U-R : berita siap dimulai

b. K : siap menerima berita

c. E (8 kali) : error / ada kesalahan

d. I-N-I : ulangi

e. A-R : berita selesai

f. R : dapat menerima dengan baik

g. A-S : tunggu

h. M-K : geser kanan

i. M-L : geser kiri

10. Sandi Kimia

Sandi ini hanya tulisan morse saja tetapi dikenal dengan nama sandi kimia karena menyerupai huruf atau simbol yang terdapat pada rumus kimia. Ketentuan dalam penggunaan sandi ini adalah :

a. Titik merupakan huruf hidup atau vokal yaitu a, i, u, e, o.

b. Strip merupakan huruf mati atau konsonan yaitu semua huruf alphabet kecuali a, i, u, e, o.

Contoh penggunaannya adalah: misalkan anda mau menuliskan “KAMI” dalam sandi morse adalah -.- / .- / — / .. maka dalam sandi kimia ditulis KOH + OH + HH + OO atau KOH + OH + H2 + O2.

Itulah tadi ulasan apa itu Sandi Jam, Sandi Semaphore, Sandi Kotak, Sandi Angka dan Sandi Pramuka lainnya yang sering digunakan dan penerapannya.

Sumber : https://kaltim.tribunnews.com/2022/05/10/lengkap-mengenal-sandi-jam-semaphore-kotak-angka-dalam-kegiatan-pramuka-dan-penerapannya?page=4

Comments