Menkominfo Luncurkan Digital Talent Scholarship, Pendaftar Hari Ini Capai 73.000

 

Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate dalam launching Digital Talent Scholarship, Selasa (17/5/2022). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan program Digital Talent Scholarship (DTS) untuk menyiapkan talenta dan pemimpin digital. Pelatihan ini bersifat gratis dan bertujuan untuk memaksimalkan peran pentahelix antara pemerintah, komunitas/masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha dan media.

"Tahun ini kami akan memberi pelatihan teknis bagi 200.000 peserta terkait keamanan siber, kecerdasan buatan, big data, komputasi awam dan programming terbagi dalam tujuh akademi. Dari total tersebut, sudah ada 73.000 orang yang mendaftar," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, saat launching Digital Talent Scholarship di hotel JW Marriot Yogyakarta, Selasa (17/5).

Sisa kursi yang belum terdaftar adalah sekitar 127.000. Johnny mengimbau para generasi milenial untuk segera mendaftar sebelum kehabisan.

Akademi yang diusung dalam program Digital Talent Scholarship di antaranya Vocational Scholar Digital Academy, Digital Entrepreuneurship Academy, Government Transformational Academy, Profession Academy, Thematic Academy, dan Fresh Graduate Academy.

Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate dalam launching Digital Talent Scholarship, Selasa (17/5/2022). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan

Selain itu, Kominfo juga meluncurkan Digital Leadership Academy. Akademi tersebut menyediakan kemampuan digital lanjutan kepada 550 pimpinan di sektor publik dan swasta.

Akademi ini bekerja sama dengan universtas top dunia, seperti Harvard University, Oxford University, National University Singapore, Tshinghua University, Massachusetts Institute Technology, Imperial College of London, Cornell University dan Cambridge University.

"Transformasi digital nasional terus kita upayakan di berbagai lini kehidupan. Ini berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan akan talenta digital yang akan menjadi navigator utama penggerak ekosistem digital," tuturnya.

Lewat launching ini, Indonesia akan menunjukkan pada delegasi sidang kedua Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia, mengenai kolaborasi mencetak talenta digital nasional.

Sumber : https://kumparan.com/kumparanbisnis/menkominfo-luncurkan-digital-talent-scholarship-pendaftar-hari-ini-capai-73-000-1y5oNTjGMoz/full

Comments