Perempuan Berperan Dalam Transformasi Digital Di Era Digital

 

Kepala BSSN Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian saat membuka acara IWCS Annual Summit 2022 di Westin Hotel Kuningan Jakarta Senin (23/5/2022)

Indonesia Women In Cybersecurity (IWCS) berkolaborasi dengan Badan Siber Dan Sandi Negara Republik Indonesia menyelengarakan IWCS Annual Summit 2022 dengan mengusung tema “Women In The Digital Transformation”.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwaTeknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat mengubah atau membentuk hidup kita. Kekuatan TIK dapat membentuk transformasi digital dan ekonomi digital. Oleh karenaitu, kita membutuhkan keterampilan dan kinerja yang baik untuk dapat mengimplementasikannya.

SumberDayaManusia (SDM) dalam bidang digital, saat ini masih didominasi oleh kaum pria. Meskipun perkembangan serta peluang keamanan siber terus meningkat dengan pesat, keterwakilan perempuan dalam bidang keamanan siber masih cukup rendah, bahkan lebih rendah bila dibandingkan dengan bidang TI secara umum. Salah satu hal yang melatarbelakangi ini adalah kurangnya sosialisasi dan keterampilan dalam ruang siber untuk para perempuan.

Bila dilihat dari sudut pandang keadilan sosial, upaya untuk melibatkan perempuan dan anakperempuan dalam pekerjaan di bidang keamanan siber adalah langkah yang tepat untuk dilakukan, sekaligus merupakan strategi pengembangan sumberdaya yang cerdas.

Dengan banyaknya sosialisasi yang dilakukan, diharapkan akan dapat mendorong perempuan dan anak perempuan untuk dapat memiliki kompetensi yang lebih baik dalam bidang keamanan siber, serta lebih tertarik untuk memilih keamanan siber sebagai bidang karirnya dan membantu lebih banyak perempuan untuk bisa menjadi pemimpin dalam industri ini.

Dengan terwujudnya hal tersebut diharapkan dapat menghilangkan persepsi bahwa keamanan siber bukanlah bidang yang tepat untuk kaum perempuan.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Indonesia Women in Cybersecurity (IWCS) menyelenggarakan acara kegiatan dengan tema “Woman in the Digital Transformation”.
Deputi for Cyber Security Operations BSSN, Mayor Jenderal TNI Dominggus Pakel, S.Sos, M.SI berfoto bersama dengan anggota IWCS penerima awards di Westin Hotel Kuningan Jakarta (23/5/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh IWCS guna memberikan literasi, edukasi, serta dukungan bagi perempuan di Indonesia untuk berperan aktif dalam mendukung transformasi digital serta membangun ekosistem digital yang aman dan positif.Tema tersebut diangkat dalam rangka memperingati Hari UlangTahun IWCS ke-1 yang diperingati pada tanggal 21 April 2022 dengan harapan dapat meningkatkan peran perempuan dalam meningkatkan ekosistem keamanan siber di Indonesia.

Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan mengatakan, momentum Hari Kartini dan Hari Kebangkitan Nasional turut dimaknai secara lebih luas dengan berfokus pula pada peran kaum perempuan Indonesia, kesetaraan gender antara kaum laki-laki dan perempuan.

Di tengah pertumbuhan ekonomi digital, penting untuk keberagaman yang lebih besar pada lanskap keamanan siber Indonesia, dengan mendorong perempuan untuk bisa berperan dalam membangun keamanan siber di Indonesia.

IWCS Annual Summit 2022 akan menghadirkan panelis yang sangat kompeten di bidangnya. Mereka adalah; Intan Rahayu, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Industri; Eva Noor, CEO PT Xynexis International; Prof Dr Ir Riri Fitri, Profesor of Computer Engineering at the Electrical Engineering Departemen Faculty of Engineering, Universitas Indonesia; Sri Safitri, Deputy Executive Vice President CX & Digitalisasi, Telkom Indonesia; Farida DwiCahyarini, Widyaswara Ahli Utama Kominfo; Ir Woro Indah Widyastuti MT, Wakil Ketum Bidang Komunikasi Advokasi dan Informatika Kwarda Pramuka DKI; ThataApriatin, Security Operation Center Management PT Telekomunikasi Selular dan masih banyak lainnya.

Pada tahun ini selain conference IWCS juga meluncurkan buku, dimana buku tersebut adalah kolaborasi dengan Paloalto dan BSSN.

"Di Palo Alto Networks, melindungi cara hidup di ranah digital sangatlah penting. Dengan kolaborasi membuat buku Cyberlite dan kegiatan edukasi lainnya menunjukkan kisah pendidikan keamanan siber kami yang kuat dan perluasan misi kami untuk mengamankan dan melindungi cara hidup digital pada anak-anak.

Dengan adopsi digital yang semakin cepat selama pandemi, sangat penting untuk memastikan anak-anak mengetahui cara menavigasi dunia digital mereka dengan aman sambil tetap bersenang-senang,” katanya.

Anak-anak belajar secara berbeda dari orang dewasa, dan melalui kolaborasi dengan BSSN dan IWCS dalam meluncurkan buku Cyberlite dan Program Cyber ​​ACES, kami telah merancang konten gratis yang dapat difasilitasi oleh siapa saja. Kami berharap orang tua, sekolah, dan masyarakat dapat mengambil kesempatan untuk terlibat dan menyediakan lingkungan di mana anak-anak dapat belaja rmelalui bermain untuk mengembangkan keterampilan dan inisiatif untuk tetap aman dan sadar dunia maya.” kata Adi Rusli, Country Manager Palo Alto Jaringan Indonesia.

“PeluncuranBuku Cybersecurity tersebutakan dilakukandalam acara Annual Summit IWCS 2022. Inibisamenjadibukupanduankeamanansiberuntukanak-anak dan orang tua yang dibuathasilkolaborasiantara IWCS, Polalto dan BSSN,” kata Eva Noor seraya menambahkan di dalam acara juga akan dilakukan pemberian penghargaan IWCS Award.

Pemberian penghargaan kepada perempuan inspiratif yang telah memiliki kiprah kontribusi terhadap kemajuan keamanan siber dan digital di Indonesia dan juga memberi inspirasi dan role model untuk generasi muda untuk berkarir dalam bidang cyber security serta ikut menjadi bagian dari transformasi Digital nasional.IWCS memberikan penghargaan dalam kategori Role Model, Leader, Warrior, White Hat dan Rising Star.

Sumber : https://investor.id/business/294579/perempuan-berperan-dalam-transformasi-digital-di-era-digital


Comments