5 Kebiasaan Digital Sehat 2023, dari Keamanan Kata Sandi hingga Penggunaan VPN

Di era yang serba digital, mengikuti perkembangannya saja tidak cukup, juga dibutuhkan pengetahuan dan dedikasi agar digitalisasi yang berlangsung minimal bisa menjadi 'aman' untuk Anda.

Tantangan terkini, keamanan data menjadi momok yang menakutkan. Pencurian data hingga kini masih marak terjadi dan seolah tidak bisa dihentikan.

Nah, memasuki 2023 sudah sepantasnya Anda bisa memahami dan merubah kebiasaan digital agar berjalan lebih sehat, minimal dari lima hal berikut ini, seperti dikutip dari Kaspersky, perusahaan keamana digital, Jumat (6/1/2023).

1. Ubah kata sandi baru 

Awali 2023 dengan merevisi kata sandi seluruh akun media sosial, email, dan akun lainnya. Untuk menjaga akun pribadi lebih aman, gunakan kata sandi yang berbeda di setiap akun yang Anda miliki. Cara ini dapat memperkuat akun-akun Anda. 

Jika Anda memiliki beberapa akun online, gunakanlah  pengelola kata sandi modern. Misalnya, menggunakan fitur isi otomatis untuk berbagai browser dan platform. Opsi praktis lainnya yakni membuat kata sandi otomatis. Hasilnya, pengelola kata sandi akan membantu Anda menghasilkan kata sandi yang unik dan rumit untuk setiap akun. 

Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama.

2. Aktifkan notifikasi tentang kebocoran akun 

Mengaktifkan notifikasi tentang kebocoran akun ssangatlah penting. Hal ini berguna agar data Anda tidak diambil alih dan digunakan semena-mena oleh orang lain. 

Di tahun ini, usahakan Anda menggunakan pengelola kata sandi tingkat lanjut yang menyertakan fitur notifikasi yang akan memberitahu jika ada orang lain yang login akun atau kata sandi yang ditemukan dalam kebocoran data terbaru.

3. Gunakan VPN 

Penggunaan VPN dapat menyembunyikan alamat IP dari situs web sehingga akun Anda menjadi lebih aman. 

Dengan VPN, Anda dapat berbelanja online dengan aman, menonton siaran dari berbagai penjuru dunia dengan kualitas 4K, dan masih banyak hal lainnya. 

4. Transfer dokumen ke tempat yang aman

Perkembangan digital membuat banyak orang lebih sering menggunakan dokumen versi elektronik. 

Untuk itu, Anda harus menjamin semua keamanan dokumen yang dimiliki. Salah satunya dengan membuat folder di komputer Anda atau mengunggahnya ke cloud yang dilindungi kata sandi. 

Alternatif lain yang lebih aman adalah menyimpan dokumen di aplikasi pengelola kata sandi. 

Pengelola kata sandi modern mampu menyimpan lebih dari sekadar kata sandi atau data perbankan. Sekarang ini adalah penyimpanan elektronik terenkripsi lengkap tempat Anda dapat mengunggah pindaian, PDF, dan dokumen penting lainnya. 

Ini juga dapat mencakup catatan medis dan alamat telepon, serta dokumentasi atau file apa pun yang terkait dengan pekerjaan dan bisnis.

Pada saat yang sama, layanan penyimpanan semacam itu dua kali lipat jauh lebih aman dibandingkan dengan lokasi penyimpanan tradisional, karena dienkripsi secara khusus, dan hanya dapat didekripsi dengan bantuan satu kata sandi utama, yang seharusnya hanya ada di kepala pengguna.

5. Pelajari lebih lanjut tentang hobi anak di Internet

Saat ini, sudah banyak anak-anak yang memiliki perangkat digital di tangan mereka. 

Agar jalur anak ke dunia digital aman dan tetap menarik, penting untuk mengajarkan dan berbagi dengan mereka aturan keamanan online sejak masa kanak-kanak. Dan orangtua dapat melakukannya dengan menggunakan permainan dan format hiburan lainnya.

Misalnya, orangtua dapat bertanya tentang serial favorit, atau mendengarkan trek musik bersama sehingga Anda berdua dapat mempelajari beberapa praktik aman agar tetap aman saat online. 

Terdapat juga berbagai perangkat lunak keamanan anak yang dapat membantu orang tua mempelajari lebih lanjut tentang hobi anak dan membantu mereka mengembangkan kebiasaan digital yang sehat sejak usia dini.

Sumber : https://www.celebrities.id/read/5-kebiasaan-digital-sehat-2023-dari-keamanan-kata-sandi-hingga-penggunaan-vpn-9a4lI6

Comments