Apa Itu Enkripsi? Berikut Pengertian dan Manfaatnya

Enkripsi merupakan salah satu istilah yang dikenal dalam dunia digital. Umumnya, proses enkripsi adalah suatu proteksi atau perlindungan data dan file bagi pengguna internet. Hal ini dilakukan agar data dan file tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nah, data ini merupakan sumber yang penting bagi kelompok atau individu penggunannya. Maka dari itu, data ini harus diproteksi dari berbagai risiko yang bisa memberikan dampak negatif bagi pemiliknya.

Terlebih di era digital seperti saat ini, di mana banyak terjadi kasus kejahatan siber berupa pencurian data. Pencurian data ini bisa dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan berbangai cara karena kecanggihan teknologi.

Data ini bisa dicuri melalui aplikasi, jaringan komputer, atau karena kecerobohan dari pengguna data itu sendiri. Enkripsi inilah yang dapat menjadi cara untuk memproteksi data agar mencegah dari penyalanggunaan.

Contoh enkripsi biasanya saat kita bertukar pesat Whatsapp, maka akan ada notifikasi seperti: Pesan Ini Terenskripsi End-to-End.

Yuk, kita cari tahu lebih lanjut tentang enkripsi ini, Adjarian!\

Pengertian Enkripsi
Enkripsi berasal dari bahasa Yunani, yaitu kryptos yang artinya rahasia atau tersembunyi. Enkripsi merupakan suatu metode yang mengodekan data sedemikian rupa sehingga bisa dibaca sebelum dikembalikan ke bentuk aslinya.

Nah, adanya teknologi enkripsi, data yang tersebar dalam jaringan komputer atau bentuk lainnya tidak bisa dibaca tanpa dideskripsi.

Metode enkripsi inilah yang membuat data-data kita di internet menjadi lebih aman. Pesan asli yang kita buat akan diubah menjadi teks tempat, seperti data acak dan tidak bisa dibaca dengan mudah. Pesan asli yang sudah dilakukan proses enkripsi ini disebut dengan cipertext, Adjarian.

Meskipun data yang terenkripsi terlihat acak, tetapi enkripsi terjadi dengan cara yang logas dan dapat diprediksi. Sehingga, pihak berwenang yang mendapatkan pesan enkripsi bisa mengubah chipertext menjadi pesan asli yang bisa dibaca menggunakan kunci kriptografi.

Oiya, saat ini enkripsi ini sudah digunakan di berbagai sitem secara luas, seperti transaksi pembelian online, aplikasi chat, e-banking, dan lain sebagainya.

Enkripsi juga bisa digunakan untuk melindungi data yang disimpan di perangkat penyimpanan data, seperti flashdisk atau CD.

Berikut ini beberapa manfaat dari enkripsi, yaitu:

  1. Melindungi data dari kejahatan.
  2. Menghindari penyalahgunaan data yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab.
  3. Menjaga privasi penggunanya.

Nah, itulah pengertian dan manfaat enkripsi bagi penggunanya di dunia digital seperti saat ini.


Sumber : https://adjar.grid.id/read/543671978/apa-itu-enkripsi-berikut-pengertian-dan-manfaatnya?page=all

Comments