Bisa Kuras Isi Rekening! Cek 4 Tanda-tanda Ini Pada Ponsel Agar tak Terkena Cybercrime!

Tagihan membludak pada smartphone secara tiba-tiba tanpa diketahui? Segera periksa ponsel Anda agar tidak terkena bahaya besar yang dapat mengosongkan isi rekening bank Anda!

Tak bisa dipungkiri, penggunaan ponsel sebagai alat bayar elektronik sedang marak di masyarakat. Banyak orang tak segan melakukan registrasi ke sejumlah aplikasi pembayaran untuk mempermudah pembayaran.

Namun, virus atau malware pada smartphone juga marak akhir-akhir ini dengan ancaman baru yang muncul setiap saat.

Bahkan perangkat iPhone sudah cukup aman karena standar ketat Apple, akan tetapi beberapa penipuan masih tetap berhasil terjadi ke beberapa orang.

Hal tersebut, bisa saja berasal dari pesan teks atau email yang masuk atau Anda sekedar bermain-main dengan pengaturan.

Melansir dari laman the Sun, cobalah mencari beberapa tanda-tanda ini agar terhindar dari cybercrime ini.

1. Aplikasi Yang Tidak Dikenal
Perhatikan lagi aplikasi asing di perangkat Anda. Namun, jika Anda menemukan sesuatu yang asing dan Anda tidak ingat pernah memasangnya, mungkin itu adalah sumber malware.

2. Popups
Beberapa aplikasi menampilkan Popups adalah hal yang wajar. Namun, jika mereka terlalu sering muncul dan di tempat yang tidak Anda duga mungkin ada sesuatu yang terjadi.

3. Penggunaan Data
Penggunaan data yang sangat tinggi juga dapat mengindikasikan malware. Buka Pengaturan, lalu Data Seluler. Di sini Anda akan melihat aplikasi mana yang paling banyak digunakan dan apakah data yang digunakan bertambah dengan normal atau sebaliknya.

4. Periksa Penggunaan Baterai 
Malware juga dapat menguras baterai. Dengan membuka Pengaturan, lalu Baterai, Anda dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakannya. Ini akan membantu mengekspos setiap anomali.

Penting: Jika Anda menemukan malware yang dicurigai segera hapus aplikasi tersebut. Anda juga harus mematikan telepon Anda dan menyalakannya lagi atau reboot.


Sumber ; https://seputarsurabaya.jurnalisindonesia.id/read/115252/Bisa-Kuras-Isi-Rekening-Cek-4-Tanda-tanda-Ini-Pada-Ponsel-Agar-tak-Terkena-Cybercrime

Comments