Iran Sebut Gagalkan Serangan DDoS ke Bank Sentral

Iran menyatakan telah menggagalkan serangan siber yang menargetkan bank sentralnya.

Bank sentral menjadi sasaran serangan distributed denial-of-service (DDoS), yaitu membanjiri server dengan permintaan palsu, pada Kamis (5 Januari 2023) malam, tulis kantor berita resmi IRNA, dikutip oleh Reuters.


Kepala Perusahaan Komunikasi Infrastruktur Iran, Amir Mohammadzadeh

Kepala Perusahaan Komunikasi Infrastruktur Iran, Amir Mohammadzadeh, pada Jumat (6 Januari 2023) mengatakan, kelompok peretas anonim global pada Oktober 2022 sempat melakukan ancaman penyerangan terhadap lembaga dan pejabat Iran.

Para aktor ancaman ini merupakan pendukung unjuk rasa anti-pemerintah, kata Amir.

Akses internet di Iran saat ini sangat dibatasi sejak unjuk rasa besar-besaran meletus menyusul kematian seorang wanita muda Kurdi, Mahsa Amini, pada pertengahan September 2022, saat berada dalam tahanan polisi moralitas atas penegakan undang-undang kode pakaian wajib.

Menurut dia, volume serangan asing terbesar menargetkan bank dan lembaga keuangan juga penyedia internet dan infrastruktur komunikasi. Namun, serangan itu telah bisa dipukul mundur, kata Amir.

Sebelumnya, pada September 2022, bank sentral Iran juga mengatakan, serangan dunia maya yang berlangsung singkat membuat situswebnya offline.


Sumber : https://cyberthreat.id/read/15169/Iran-Sebut-Gagalkan-Serangan-DDoS-ke-Bank-Sentral

Comments