Jangan Sampai Kecolongan, Kenali Apa itu Cyber Crime dan Cara Menghindarinya

Sebagian orang mungkin pernah mendengar kata-kata cyber crime, namun sayangnya belum banyak dari kita yang betul-betul paham apa itu cyber crime. Bahkan masih banyak orang yang tidak menyadari kalau pelaku cyber crime selalu mengintai dan mengincar para korbannya.

Seseorang tidak akan dirugikan secara fisik ketika menjadi korban cyber crime, namun dia akan mengalami kerugian finansial cukup besar, yang akhirnya bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan cyber crime dan bagaimana cara menghindarinya? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Cyber Crime?

Melansir Niaga Hostercyber crime merupakan tindak kejahatan yang dilakukan secara online, serta tidak mengenal waktu, tempat, bahkan target korban. Kejahatan ini bisa terjadi pada siapa saja, baik orang maupun perusahaan.

Tujuan dari cyber crime pun bermacam-macam, mulai dari hanya sekedar iseng hingga serius yang mengakibatkan kerugian finansial pada korbannya.\

Pelaku cyber crime biasanya sudah profesional dalam teknik hacking, sehingga tidak heran kalau aksi cyber crime bisa dilakukan dari berbagai tempat dan dalam waktu bersamaan.

Ada banyak jenis cyber crime yang berkeliaran dan terus mengintai para korbannya. Diantaranya adalah identity theft, yakni pencurian identitas pribadi seseorang, carding seperti pembobolan kartu kredit, dan corporate data theft dengan mencuri data-data penting perusahaan.

Selain itu ada juga cyber extortion dengan melakakuan pemerasan pencurian data pribadi atau perusahaan dengan meminta tebusan, dan cyber espionage yang mematai-matai target terntentu yang berhubungan dengan kompetitor perusahaan atau lawan politik.

Lantas bagaimana cara menghindari kejahatan dunia maya yang bisa mengintai kapan saja?

Sebenarnya sudah ada banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menghindari cyber crime. Kalau kamu masih belum tahu, berikut ini beberapa caranya:

  • Menggunakan hosting yang aman
  • Rajin melakukan update pada data diri atau pada sistem operasi maupun pada sistem manajemen di website
  • Memasang SSL untuk mengamankan proses transfer data di website
  • Menggunakan password dengan susunan yang unik
  • Selalu berhati-hati saat membuat email, karena email bisa menjadi salah satu media untuk melakukan cyber crime.

Nah, itu tadi sekilas tentang apa itu cyber crime dan bagaimana cara menghindarinya. Semoga informasi ini bermanfaat.


Sumber : https://yoursay.suara.com/lifestyle/2023/01/26/105431/jangan-sampai-kecolongan-kenali-apa-itu-cyber-crime-dan-cara-menghindarinya

Comments