Tips Buat Password Yang Kuat, Agar Tidak Mudah Dibajak Hacker


Tahun 2023 lebih baik anda perbaiki dari segi password sosial media yang kuat agar mencegah hacker masuk, berikut tipsnya. 

Tahun 2022 yang penuh kelam dengan maraknya tangan-tangan jail dari peretas atau hacker yang dengan mudah mengambil data pribadi dari masyarakat Indonesia. 

Tidak tanggung-tanggung, kasus seperti Bjorka saja bisa mendapatkan data pribadi milih pejabat ataupun instansi keperintahan, yang seharusnya data itu punya perlindungan tinggi.

Bukan hanya itu, baru-baru ini publik figur seperi Raditya Dika dan Arief Muhammad akun YouTube nya tercuri oleh hacker yang menamainya dengan nama dari perusahaan mobil listrik, Tesla. 

Bukan tidak mungkin, anda juga harus mewaspadai dan mengantisipasi akun sosial media anda. 

Bagaimanapun, sosial media itu adalah data pribadi anda yang sudah sepatutnya anda jaga, bila tidak dan sampai di salah gunakan bisa dimanfaatkan oleh peretas dengan melakukan hal negatif. 
Maka dari itu anda bisa cegah dengan hal yang terkecil dahulu seperi pemberian kode atau password pada akun sosial media. Yang anda harus lakukan diantaranya

1. Jangan pakai password yang sama 

Sering kali pengguna menggunakan password yang sama dari sosial media yang satu dan lainnya, seperti email, Facebook, Instagram semua dengan password yang sama. 

Alih-alih agar mudaj di ingat, tapi hal ini bisa menyebabkan kebocoran juga, apabila salah satu media sosial anda sudah terbajak, maka aplikasi media sosialnya kemungkinan besar akan ikut terkena imbasnya. 

Maka dari itu setidaknya anda buat password yang beragam, jika lupa anda catat dengan tulis tangan dan anda letakan di tempat yang mudah di ingat.

2. Kombinasikan password huruf dan angka 

Maksudnya disini jangan mengkombinasikan nama anda dengan tanggal lahir anda. Karena hal itu sudah sangat mainstream dan pasti mudah sekali ditebak. 

Apalagi jika, anda telah kehilangan dompet, dan disitu ada nama kartu identitas, kartu ATM atau sebagainya. 
Apabila anda menggunakan password kombinasi nama dan tanggal lahir misal dipakai di kartu ATM anda bisa jadi itu sangat berbahaya. 

Coba mulai kombinasikan dengan pikirkan sebuah kata yang mudah di ingat ditambah juga dengan nomor yang sering kali anda lihat. 
Lalu anda campur kata itu dengan nomor, serta jangan lupa penggunaan huruf kapital agar semakin sulit untuk di tebak.

3. Jangan klik link sembarangan 

Sering kali di temui sedang berselancar di internet banyak beragam website atau link tidak jelas. Atau malah bahkan ada juga yang telah mendapatkan langsung dari kiriman pesan via aplikasi perpesanan seperi WhatsApp. 

Jika dari nomor yang anda tidak kenal dan ia mengirimi link website, jangan sekali-kali anda mengkliknya. 
Bisa jadi itu adalah jebakan, begitu juga apabila dari orang yang anda kenal bukan berarti itu aman. 

Tapi setidaknya anda cari tahu terlebih dahulu kebenaran dari link tersebut.

Seperti itu kurang lebih yang anda harus perhatikan, jangan mudah percaya dengan orang lain apalagi sampai meminta data pribadi milik anda. Dan juga dipastikan dari segi password-nya apabila akun sosial media anda tidak mempunyai password yang kuat, lebih baik anda menggantinya sekarang.

Sumber : https://selular.id/2023/01/tips-buat-password-yang-kuat-agar-tidak-mudah-dibajak-hacker/


Comments