Waspada Serangan Malware GodFather, Incar Aplikasi Mobile Banking dan Kripto

Sebuah malware yang dinamai GodFather dikabarkan jadi momok terbaru dunia keuangan usai menyerang layanan finansial seperti aplikasi kripto dan mobile banking.

Pengawas Jerman, BaFin menyebut, GodFather sudah menjangkit setidaknya 400 aplikasi kripto dan mobile banking dengan rincian 110 diantaranya bursa kripto, 94 dompet kripto, dan 215 aplikasi keuangan.

Laporan terbaru menyebut, malware ini baru ditemukan di perangkat Android. GodFather memanfaatkan celah saat pengunduhan dengan meniru tampilan Google Protect lalu turut terinstal bersama dengan aplikasi yang diunduh.

Tidak hanya memiliki tampilan yang meniru, Godfather juga memiliki fitur yang memanfaatkan Accessibility Service  hingga membuatnyilitya bisa membuka beragam akses pengguna. Data dari pengguna itu nantinya dikirim ke Hacker.

Bahkan, GodFather juga memiliki kemampuan untuk merekam aktivitas pemilik ponsel, merekam layar HP, serta kerlogger yang memiliki kunci autentikasi 2 faktor hingga mengirim pesan.

Saat beroperasi, GodFather 'menyamar' dengan menampilkan sebuah jendela login palsu untuk menutupi jendela login aplikasi asli sehingga hacker bisa mendapatkan nama akun dan password korban.

Hingga kini sejumlah negara dilaporkan jadi korban serangan GodFather diantaranya Amerika Serikat, Turki, Spanyol, Kanada, Prancis, dan Inggris.


Sumber : https://www.suara.com/bisnis/2023/01/11/202340/waspada-serangan-malware-godfather-incar-aplikasi-mobile-banking-dan-kripto

Comments