5 Rekomendasi Antivirus untuk HP Android

Kemajuan teknologi saat ini salah satunya bisa kamu lihat dari peran smartphone yang kian lekat dengan aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari, termasuk melakukan transaksi di layanan finansial atau ecommerce, serta aplikasi transportasi.

Berbagai layanan ini mengharuskan kamu memasukan sejumlah data privat untuk dapat memanfaatkannya. Sayangnya, kemajuan teknologi tersebut juga berbanding lurus dengan ancaman kejahatan siber yang menargetkan layanan tersebut.
 
Penjahat siber kerap melancarkan aksinya dengan berbagai cara, termasuk meretas atau membenamkan virus berbahaya di perangkat korban. Hal pertama yang mungkin kamu rasakan saat perangkat terinfeksi virus adalah kehilangan data penting dan penurunan performa perangkat.

Sementara itu, smartphone Android menjadi salah satu perangkat yang ramai ditargetkan oleh penjahat siber. Berikut aplikasi antivirus rekomendasi kami untuk membantu melindungi smartphone Android kamu.

1. Kaspersky Security & VPN
Kaspersky bukan nama baru di ranah antivirus, meski sebelumnya lebih dikenal sebagai aplikasi perlindungan untuk PC atau laptop. Sejak maraknya pemanfaatan smartphone dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, Kaspersky turut merilis antivirus untuk smartphone.
 
Antivirus karya Kaspersky ini berbekal sejumlah fitur, termasuk fitur penyaring web untuk menyaring tautan dan situs berbahaya, fitur untuk memblokir telepon dan SMS, pemindaian perangkat hingga anti-theft.
 
Aplikasi ini juga tidak terlalu berat saat digunakan dan tetap mampu bekerja secara menyeluruh. Kelebihan aplikasi ini adalah fokusnya pada antivirus dan security, sehingga kamu tidak akan dapat menemukan fitur yang tidak terkait.
 
2. Avast Antivirus & Security
Avast Antivirus & Security merupakan yang dikembangkan oleh Avast Software. Untuk perangkat Android, aplikasi ini telah dibekali sejumlah fitur seperti pemindaian virus, applock, call blocker, dan perlindungan anti-theft.
 
Selain itu, Avast juga dibekali fitur booster berkemampuan membuat performa perangkat lebih ringan dan kencang.
 
3. AVG Antivirus & Security
Selain untuk membasmi virus di perangkat, AVG Antivirus & Security berbekal fitur tambahan seperti pemindaian website, WiFi scanner, hingga proteksi untuk menjaga data-data penting dari serangan hacker.
 
4. McAfee Security: Antivirus VPN
Tergolong berat saat digunakan, namun aplikasi ini berbekal fitur cukup lengkap, seperti pemindaian perangkat, anti-theft, anti-spyware, dan penguncian keamanan, serta fitur VPN terintegrasi.
 
5. Norton360 Antivirus & Security
Norton mengklaim bahwa Norton360 Antivirus & Security akan memberikan perlindungan real-time untuk menjaga data pribadi di smartphone kamu.
 
Selain itu, Norton juga secara aktif mendeteksi aplikasi pengonsumsi daya baterai dan data dalam jumlah besar, situs dan tautan berbahaya, serta aktivitas mencurigakan pada smartphone kamu.


Sumber : https://www.medcom.id/teknologi/tips-trik/Rb1peLdN-5-rekomendasi-antivirus-untuk-hp-android

Comments