5 Rekomendasi Web Browser Paling Aman dari Pembobolan Data

Kasus penyalahgunaan data pribadi yang terus berulang membuat keamanan berselancar di internet kian menjadi perhatian. Salah satu hal penting yang menentukan keamanan data tersebut adalah pemilihan situs berselancar atau web browser. 

Penggunaan web browser dengan keamanan optimal dapat mencegah potensi masuknya virus atau malware yang bisa membahayakan data pribadi Anda. Berikut sejumlah rekomendasi web browser paling aman untuk berinternet:

DuckDuckGo
DuckDuckGO adalah salah satu web browser handal untuk berselancar dengan telepon seluler. Namun browser ini juga menyediakan aplikasi untuk desktop dan Chrome. DuckDuckGo dapat memastikan data Anda tidak akan pernah dicuri lewat pemblokiran iklan bawaan dan mode pencarian pribadi. 

Mozilla Firefox
Mozilla Firefox menjadi brower yang familiar di kalangan pengguna internet di Indonesia. Selain populer, Firefox ternyata menjadi browser yang relatif aman untuk berselancar. Hal ini karena Firefox dilengkapi fitur seperti mode penjelajahan pribadi, pemblokiran cookie pihak ketiga, pemblokiran sidik jari, pengelola kata sandi bawaan hingga peringatan situs web yang dilanggar. Dengan statusnya sebagai organisasi nirlaba, Mozilla Foundation tidak memiliki intensi untuk menjual data pribadi.

Brave
Salah satu browser yang tengah melesat belakangan ini adala Brave. Browser bikinan pencetus JavaScript, Brendan Eich, ini, mewujudkan privasi total saat berselancar internet. Brave punya fitur keamanan bawaan yang lebih lengkap dibanding pesaing seperti Chrome dan Safari. 

Brave memiliki fitur perutean jaringan internet, pemblokiran pelacak lintas situs hingga tidak mengenal kumpilan alamat IP. Browser ini juga punya adblocker yang dapat menghentikan pemasar melacak aktivitas online pengguna. 

Epic 
Epic adalah web browser yang menawarkan keamanan dengan pemblokiran iklan, sidik jari, pelacak hingga penambangan kripto. Epic merutekan semua lalu lintas web melalui server proxy yang secara otomatis memblokir pelacak dan cookie. Pemakaian Epic dapat memastikan data Anda dienkripsi dan disembunyikan dari Google, pemerintah, perusahaan, dan ratusan pengumpul data lain. 

Tor
Tor atau The Onion Router menjadi browser unggulan untuk melindungi data pribadi dari pelacakan dan pengawasan. Tor memakai ekstensi perangkat lunak NoScript untuk menghapus lalu lintas web sebelumnya. Hal ini untuk memastikan jejak riwayat penelusuran Anda tercakup. Tor juga memakai koneksi internal yang membuat pengguna terhubung satu sama lain untuk mengakses server Tor.


Sumber : https://www.trenasia.com/5-rekomendasi-web-browser-paling-aman-dari-pembobolan-data

Comments