5 Tanda HP Android Kena Virus Jahat Malware & Cara Terhindar

Virus jahat malware bisa mengancam HP kamu tanpa kamu sadari. Sebenarnya ada tanda-tanda HP terkena virus malware tapi mungkin kamu kurang awas dengan ciri-ciri yang ditampakkan.

Sebagaimana melansir CNBC Indonesia, ada beberapa tanda yang disebutkan jika pengguna memiliki malware di perangkat mereka. Cirinya adalah Google keluar dari akun untuk membantu melindungi pengguna dari malware dan muncul tanda seperti iklan pop-up yang tidak mau hilang.

Tapi selain itu, ada lima tanda lainnya HP terinfeksi virus malware. Berikut ini di antaranya:

  • Adanya peringatan mengenai virus atau yang terinfeksi
  • Software antivirus yang digunakan tidak lagi berfungsi atau berjalan
  • Penurunan secara signifikan dalam kecepatan pengoperasian perangkat
  • Adanya penurunan ruang penyimpanan yang signifikan dan tidak terduga di perangkat
  • Perangkat berhenti berfungsi atau tidak berfungsi sama sekali.
Sedangkan cara untuk menghindari atau mengatasi keberadaan malware di HP Android bisa dilakukan dengan sejumlah langkah. Pertama, mengaktifkan Google Play Protect. Caranya, bukan aplikasi Google Play Store dan ketik ikon profil. Lanjut dengan Tap Proect > Settings, aktifkan Scan apps with Play Protect.

Langkah selanjutnya adalah dengan memastikan HP selalu mendapatkan update berkala, menghapus aplikasi yang tidak bisa dipercaya keamanannya, dan secara berkala melakukan check-up keamanan HP.

Cara mengecek keamanan hp atau tablet Android bisa dengan membuka browser, contohnya Chrome. Lalu kemudian diikuti dengan masuk ke myaccount.google.com/security-checkup. Untuk memperbaiki masalah keamanan, ikuti langkah-langkah yang ada.


Sumber : https://inet.detik.com/security/d-6563879/5-tanda-hp-android-kena-virus-jahat-malware--cara-terhindar

Comments