Antivirus Ampuh Cegah Hacker Nakal, Ini Cara Kerjanya

Kejahatan dunia maya makin banyak terjadi di era digital. Diperkirakan menyebabkan kerugian hingga USD6 triliun pada tahun 2021. Beberapa di antaranya, kebocoran data, kampanye ransomware atau serangan DDOS. Ancaman ini tumbuh setiap hari.

Hal itu diungkapkan Yeo Siang Tiong, General Manager of Southeast Asia, Kaspersky. Menurutnya, salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari kejahatan dunia maya adalah dengan memasang antivirus di komputer, PC tablet, atau smartphone.

“Program antivirus yang baik akan mencari ancaman keamanan dunia maya, mengingatkan Anda tentang apa pun yang dianggap mencurigakan dan mengurangi serangan yang masuk,” sebutnya dalam bincang dengan media di Jakarta.

Ketika komputer menjadi korban malware, virus atau jenis serangan dunia maya lainnya, kinerjanya akan terhalang secara signifikan. Virus dapat mengambil banyak memori, melakukan tindakan jahat di latar belakang, mengganggu komputer atau laptop beroperasi.

“Saat virus atau malweare menyerag, kamu sulit untuk mengakses internet. Membuka aplikasi jadi sangat sult. Akhirnya, operasi komputer kamu jauh lebih lambat dan lebih sulit digunakan,” jelasnya

Peretas makin gencar meluncurkan serangan yang menghancurkan pada korban yang tidak curiga. Dari memata-matai akun media sosial orang hingga menyegel informasi pribadi mereka, penjahat cyber menyebabkan kekacauan online. Dan jika mereka berhasil meretas komputer yang tidak aman, mereka dapat melakukan lebih banyak kerusakan. Dengan mengunduh salah satu program antivirus terbaik, Anda akan selalu aman dari ancaman peretasan.

“Virus atau malware bisa membuat data penting di laptop atau komputer kamu hilang. Lebih buruk lagi, penjahat cyber bahkan dapat merusak data pribadi. Aplikasi antivirus yang baik akan membuat peretas keluar dari perangkat. Juga memastikan konten komputer tidak dapat dihapus, dicuri atau diubah,” pungkasnya.


Sumber : https://chatnews.id/read/antivirus-ampuh-cegah-hacker-nakal-ini-cara-kerjanya

Comments