Apa Itu Cyber Security? Ketahui Manfaatnya Untuk Keamanan Komputer

Cyber security merupakan praktik yang digunakan untuk menjaga keamanan komputer sebagai pengguna internet. Banyaknya kejahatan dunia maya (cyber crime) perlu diwaspadai dengan menggunakan cyber security.

Kamu perlu mengetahui pentingnya menggunakan keamanan dan manfaat yang didapat untuk melindungi perangkat, jaringan, program, hingga data.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (8/2/2023), ancaman kejahatan dunia maya banyak dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengutamakan kepentingannya sendiri dan merugikan orang lain.

Dengan menggunakan cyber security, kamu dapat mencegah risiko terjadinya ancaman yang akan menargetkan sistem komputer yang kamu miliki.

Khususnya untuk kamu yang punya bisnis, wajib menggunakan cyber security supaya terlindungi. Rata-rata cyber security lebih banyak mengincar perusahaan besar, namun kamu juga perlu hati-hati dalam menjaga keamanan bisnis kecil ataupun bisnis individu. 

Tindakan yang termasuk ke dalam cyber security yaitu penggunaan alat, pembuatan kebijakan, konsep keamanan, serta tindakan lainnya yang bisa melindungi aset perusahaan.

Orang-orang yang melakukan kejahatan siber memiliki tujuan untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan informasi penting yang ada pada komputer.

Pada umumnya, cyber security diketahui sangat penting dalam upaya melindungi komputer dari akses ilegal di internet. Era digital saat ini, menjadi tanda bahwa kita harus mengutamakan keamanan sistem selama menggunakan internet.

Keamanan komputer digunakan sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian, korupsi, ataupun pemeliharaan ketersediaan. Perlindungan dapat berupa perangkat lunak, atau aplikasi yang berhubungan dengan sistem di komputer.

Manfaat cyber security 

Banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan komputer dan jaringan internet untuk menjalani aktivitas bisnisnya. Memang penerapan cyber security sangat penting untuk mencegah hal buruk yang dapat merugikan perusahaan. Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (8/2/2023), ini manfaat penggunaan keamanan sistem untuk komputer.

1. Sistem pemulihan lebih cepat
Jika sistem komputer kamu mengalami serangan cyber, kamu tak perlu khawatir lagi karena proses pemulihannya akan lebih cepat dengan prosedur yang baik. Walaupun sistem mengalami kerusakan, waktu untuk pemulihannya sangat singkat sehingga perusahaan dapat meminimalisirkan kerugian yang terjadi.

2. Meningkatkan keamanan manajemen data
Dalam pengelolaan data perusahaan seperti informasi tentang pelanggan akan lebih aman. Data dan juga informasi dapat dilindungi dari tindakan peretasan siber yang menyerang. Demikian, cyber security sangat membantu untuk meningkatkan efisiensi operasional bagi perusahaan.

3. Keamanan lebih terjamin
Menggunakan keamanan pada komputer dapat mencegah kejahatan siber yang tak terduga ataupun yang akan terjadi di masa mendatang. Khususnya untuk keamanan Website yang merupakan representasi digital bagi bisnis.

Agar keamanan website tetap terjaga, lebih baik kamu memasang cyber security yang memiliki prosedur keamanan siber hingga mencegah kerusakan dan ancaman tak terduga.

4. Menjaga kepercayaan konsumen
Mengedepankan reputasi perusahaan merupakan cara menarik pelanggan agar lebih percaya untuk memberikan data mereka kepada perusahaan. Memasang keamanan sistem adalah bentuk cara supaya perusahaan terlihat baik di mata pelanggan.

Apalagi, banyak orang yang tidak ingin sembarang untuk membagikan data mereka kepada perusahaan. Oleh sebab itu, kamu memerlukan keamanan yang dapat meyakinkan pelanggan bahwa data mereka akan aman dan terjaga.


Sumber : https://akurat.co/cyber-security?page=1

Comments