BSSN Asessment Keamanan Sistem Informasi dan Teknologi Pemkot Singkawang

Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Kominfo bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara melaksanakan Asessment Keamanan Sistem Informasi dan Teknologi milik Pemerintah Kota Singkawang di Ruang Smart Room Dinas Kominfo, Kamis (16/2/2023).

Sandiman Ahli Madya Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah BSSN RI, Nurman Yohan Sopandji mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah asesmen dalam rangka pengembangan kapasitas stakeholder khusus Pemerintah Daerah terkait keamanan sistem informasi dan teknologi yang dalam hal ini untuk Pemda Kota Singkawang melalui Dinas Kominfo.

Tujuan dari kegiatan yang kita lakukan ini dalam rangka pengembangan kapasitas stakeholder khususnya di Pemerintah Daerah Kota Singkawang.

"Selain itu dalam rangka untuk melihat sampai sejauh mana kemanan dari TIK yang dikelola oleh Diskominfo itu sendiri,” katanya.

Nurman menyampaikan melalui asesmen ini juga diberikan pemahaman tentang Cybersecurity Maturity (CSM) dan penilaian indeks Keamanan Informasi (KAMI) untuk menilai tingkat kematangan keamanan Siber bagi suatu organisasi.

Berkenaan dengan keamanan sistem informasi dan teknologi, Nurman berpesan agar setiap instansi Pemerintahan memiliki sikap awareness dan maintenance sistem yang selalu aktif terhadap segala bentuk perubahan dan pembaruan mengenai teknologi dan informasi guna menghindari peluang terjadinya kendala, permasalahan, hingga berbagai tindak kriminal siber.

“Saya disini memberanikan diri untuk mencoba masuk kedalam satu sistem aplikasi Pemerintah Kota Singkawang, dan ini muncul database-databasenya. Ini kan tanpa kita sadari bahwa ternyata data kita rentan terhadap gangguan dan sebagainya,” jelasnya.

Ia berharap Diskominfo Kota Singkawang ke depannya dapat menjadi role model untuk senantiasa meningkatkan keamanan TIK di lingkup Pemerintah daerah.

Serta sebagai pelopor dalam menggaungkan kesadaran keamanan informasi pada setiap aspek di Pemerintahan Kota Singkawang.

Semoga ke depannya ada perbaikan dari sistem keamanan di lingkup Pemda Kota Singkawang, dan semua lebih peduli lagi pada keamanan siber.

Karena apa jika ada permasalahan terkait keamanan informasi, orang akan carinya pasti ke Kominfo.

"Jadi semoga Diskominfo Singkawang bisa menjadi pelopor atau role model untuk meningkatkan dan menggaungkan kesadaran keamanan informasi di setiap aspek di pemerintah Kota Singkawang,” harapnya.

Untuk besok kita akan memberikan hal hal lebih teknis, kalau sekarang kita berikan pemahaman secara general.

Besok juga kami akan coba memberikan draft-draft data dukung, yang bisa disesuaikan Diskominfo untuk proses penilaian keamanan informasi nantinya. "Jadi mungkin diakhir tahun bisa bersurat ke BSSN buat dilakukan verifikasi penilaian,” tuturnya.


Sumber : https://infopublik.id/kategori/nusantara/713168/bssn-asessment-keamanan-sistem-informasi-dan-teknologi-pemkot-singkawang#

Comments