Cyber Security Makin Dicari, SNC Bocorkan 6 Trennya

Kebutuhan akan cybersecurity yang semakin besar membuat perusahaan digital yang bergerak di bidang ini semakin di cari dan dibutuhkan. Salah satu pemain yang memegang pasar dan memiliki sistem yang kuat adalah snc.id.

Chief Information Security Officer snc.id Bruce Hanadi menjelaskan bahwa dengan memperoleh ISO 9001:2015 akan menstandardisasi semua bisnis proses terutama dari sisi back office dan manajemen yang dilakukan di lingkungan snc.id, sedangkan ISO 27001 akan memastikan snc.id memenuhi standar kualifikasi khususnya pada industri cyber security. Dengan menerima kedua sertifikasi tersebut, Bruce menjelaskan bahwa snc.id memiliki kepastian standar mutu dalam layanan dan jasa kepada pelanggan.

"Dengan adanya ISO 9001 dan 27001, pelanggan akan menerima jaminan standar mutu tertentu atas pelayanan dan jasa yang dilakukan oleh pihak snc.id dan adanya kepastian bahwa standar mutu tersebut tidak akan turun," jelas Bruce dalam acara Joint Planning Session SNC and SATSIBER, di Penang Bistro, Jakarta (15/2/2023).

Sertifikat ISO/IEC 27001 dan ISO 9001 yang diberikan kepada snc.id diterbitkan oleh British Standard Institution yang memiliki standar akreditasi internasional. Persyaratan standardisasi ini sangat ketat. Proses yang dilalui untuk mendapatkannya juga melalui tahapan yang cukup panjang. Bruce menyebut bahwa dalam proses standardisasi ISO, snc.id telah melalui beberapa tahapan mulai dari melakukan sosialisasi pentingnya ISO 9001 dan 27001 di seluruh lapisan karyawan snc.id hingga memastikan seluruh standar operasional prosedur (SOP) yang sudah dibuat dijalankan dengan tertib.

"Sejumlah tahapan proses standardisasi yang dilakukan diantaranya melakukan sosialisasi/awareness pentingnya ISO 9001 dan 27001 di seluruh lapisan karyawan snc.id, adanya komitmen dari top level management snc.id untuk meraih ISO 9001 dan 27001, hingga memastikan seluruh SOP yang sudah dibuat dijalankan dengan tertib berikut evidenceevidencenya," imbuh Bruce.

Sementara itu, ISO 27001 adalah standar internasional untuk manajemen keamanan informasi. Standar ini menyediakan panduan untuk mengimplementasikan sistem keamanan informasi yang efektif dan memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan, disimpan, dan diteruskan oleh organisasi terlindungi dari kerugian atau kerusakan.

"Semua perusahaan harus bersiap dengan keamanan siber, karena yang menjadi pertanyaan bukan apakah kita akan terkena serangan siber tapi kapan kita akan terkena serangan siber? dan di tahun 2023 ini juga ada 6 tren keamanan siber yang akan muncul yaitu: 

  1. Privasi dan tekanan yang lebih besar

  2. Zero trust menggantikan VPN

  3. Deteksi ancaman serta tools respon menjadi mainstream

  4. Peningkatan permintaan manajemen risiko dari pihak ketika

  5. Banyak organisasi yang akan melakukan outsourcing cybersecurity 

  6. Asuransi keamanan siber" jelas Intan.


Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20230216094551-25-414240/cyber-security-makin-dicari-snc-bocorkan-6-trennya

Comments