Dua Kota California Dilanda Ransomware, Polisi Terpaksa Patroli dengan HT

Kota Oakland dan Modesto, California diserang oleh ransomware minggu ini, menutup layanan pemerintah dan memaksa "polisi melakukan cara lama dalam berkomunikasi".

Dua pemerintah kota di California - Oakland dan Modesto - dilumpuhkan dalam serangan ransomware serentak minggu ini, memaksa polisi di satu kota untuk menggunakan "old school police", termasuk penggunaan radio genggam, pena, dan kertas selama patroli.

Pejabat Oakland telah mengkonfirmasi serangan ransomware pada jaringan kota.

Pejabat pemerintah, memposting pernyataan di situs web kota pada hari Jumat setelah desas-desus mulai beredar di media sosial tentang layanan kota tertentu yang tidak berfungsi.

“Kota Oakland telah mengetahui bahwa baru-baru ini menjadi sasaran serangan ransomware yang dimulai pada Rabu malam. Departemen Teknologi Informasi sedang berkoordinasi dengan penegak hukum dan secara aktif menyelidiki ruang lingkup dan tingkat keparahan masalah ini. Fungsi inti kami utuh. 911, data keuangan, dan sumber daya kebakaran dan darurat tidak terpengaruh.” pernyataan itu berbunyi, seperti dilansir Cybernews, Senin (13/2)

Sebagai tindakan pencegahan, semua layanan kota yang terkena dampak dihentikan sementara penyelidik dan pakar keamanan bekerja untuk memulihkan sistem.

“Masyarakat harus mengharapkan penundaan dari Kota sebagai hasilnya. Kami secara aktif memantau situasi dan mengirimkan informasi terbaru saat tersedia, ”kata pejabat Oakland.

Sementara itu, peretasan Modesto memaksa departemen kepolisian setempat untuk kembali menggunakan radio genggam, pena, dan kertas saat berpatroli di kota, seperti yang pertama kali dilaporkan oleh organisasi berita McClatchy.

Rupanya pemadaman komputer polisi telah berlangsung selama beberapa hari menyebabkan departemen tersebut menganut "perpolisian jadul", lapor satu sumber anonim.

Modesto “mengalami konektivitas terbatas ke beberapa sistem. Kemampuan kami untuk memfasilitasi layanan kota termasuk layanan darurat dan menjawab panggilan 911 beroperasi penuh,” menurut pernyataan pejabat Modesto, Kamis.

Serangan ransomware belum dikonfirmasi secara publik, tetapi pejabat Modesto memverifikasi bahwa mereka telah mendeteksi "aktivitas mencurigakan" di dalam jaringannya.

“Setelah mengetahui aktivitas mencurigakan ini, kami secara strategis memutus sebagian jaringan kami karena sangat berhati-hati. Kami juga telah memulai penyelidikan dengan pakar keamanan dunia maya terkemuka,” kata para pejabat.

Kedua kota ini terletak kira-kira satu setengah jam terpisah.


Sumber : https://cyberthreat.id/read/15352/Dua-Kota-California-Dilanda-Ransomware-Polisi-Terpaksa-Patroli-dengan-HT

Comments