Indonesia-Australia Kerja Sama Keamanan Siber dan Atasi Disinformasi

Canberra: Menlu Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan rekannya dari Australia, Penny Wong. Kerja sama ini membahas tentang ekonomi serta keamanan siber.

Pada pertemuan, yaitu untuk bagian kerja sama bilateral pada 8 Februari 2023, menlu sampaikan antara lain:

Pertama, bahwa Australia merupakan salah satu mitra penting Indonesia.

Komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral dengan Australia sangat kuat, termasuk di bidang ekonomi.
 
“Indonesia Australia-CEPA hendaknya menjadi aset baru untuk lebih meningkatkan hubungan di bidang ekonomi,” sebut Menlu Retno Marsudi di Canberra, yang dikutip dari video keterangan pers, Kamis 9 Februari 2023.
 
Indonesia menyambut baik terus meningkatnya perdagangan dan juga investasi.
 
“Kita lihat investasi Australia di Indonesia meningkat 270 persen tahun lalu. Saya juga menyampaikan kebijakan Indonesia untuk melanjutkan pembangunan industri hilir,” ucap Menlu.
 
Di dalam konteks pembangunan industri hilir ini, Indonesia melihat ada peluang kolaborasi antara Indonesia sebagai produsen utama nikel dengan Australia sebagai produsen utama lithium.
 
Isu kedua dalam pembicaraan mengenai masalah bilateral adalah komitmen kedua belah pihak untuk kerja sama keamanan siber dan mengatasi disinformasi digital.
 
“Ketiga, terkait kebijakan pertahanan dan keamanan saya tegaskan bahwa upaya kita untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan nasional harus dilakukan sebagai building block dalam menciptakan stabilitas dan perdamaian di kawasan yang lebih luas,”
 
Indonesia juga menyampaikan kembali pentingnya transparansi kerja sama AUKUS dan pentingnya komitmen kepatuhan terhadap non- proliferasi nuklir, serta mematuhi NPT dan IAEA Safeguards.


Sumber : https://www.medcom.id/internasional/asia-pasifik/PNgyx48k-indonesia-australia-kerja-sama-keamanan-siber-dan-atasi-disinformasi


Comments