Jaga Data Pribadi dalam Dunia Digital, Kominfo Bagikan Tipsnya.

Kementerian Kominfo dan DPR kembali menggelar seminar online Ngobrol Bareng Legislator bertahuk “Menjaga Privasi Bersama di Dunia Digital”, Jumat (10/2/2023).

Seminar Ngobrol Bareng Legislator ini, menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten dalam bidangnya.

Seperti Wakil Anggota Komisi I DPR, Utut Adianto, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih, dan CT. Seminar Joddy Caprinata.

Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, seminar Ngobrol Bareng Legislator ini, merupakan inisiasi yang didukung oleh Kementerian Kominfo, yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, dengan memiliki beberapa tujuan.

Di antaranya mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet, sebagai sarana edukasi dan bisnis, memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh Ditjen APTIKA, serta mewujudkan jaringan informasi, serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Sebagaimana yang telah diketahui bersama, kata Semuel, dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara masyarakat dalam beraktivitas dan bekerja.

Dia menyebutkan, kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegaskan, bahwa masyarakat kini sedang menghadapi era disubsi teknologi.

Untuk mengahadapi hal tersebut, Semuel melanjutkan, semua elemen harus mempercepat kerjasama dalam mewujudkan agenda trasnformasi digital Indonesia.

“Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi. Kemampuan yang kita miliki serta keunggulan yang terus dijaga akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat dan besar, serta menjadi unggul dalam segi sumber daya manusia,” tutur dia.

Wakil Anggota Komisi I DPR, Utut Adianto mengatakan, dewasa ini, masyarakat harus menjaga privasi bersama di dunia digital.

“Nantinya kita akan sama-sama belajar tentang pentingnya menjaga data pribadi kita, dengan para narasumber yang sudah mumpuni di bidangnya masing -masing. Zaman boleh berubah yang paling penting adalah karakter kita sebagai orang timur yang tidak boleh berubah,” tutur Utut Adianto.

Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih mengatakan, dalam melidungi data pribadi ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Ristawati menuturkan, agar data kita tetap aman, berbagai cara bisa dilakukan. Seperti gunakan browser yang aman dengan protokol HTTPS, gunakan password yang kuat, lakukan pemeriksaan keamaan secara rutin, antisipasi penipuan digital, berhati-hatilah dalam mengunggah foto maupun video, jangan sembarangan mencantumkan data pribadi, serta berhati-hati dalam menggunakan Wifi umum.

“Dalam berselancar di dunia maya kita perlu memperhatikan netiket, Netiket merupakan aturan perilaku tidak mengikat dalam pengertian hukum, tetapi mereka  umumnya diterima sebagai rekomendasi untuk komunikasi interpersonal di media digital.  Ini termasuk newsgroup, email, media sosial, forum, obrolan atau komunitas,” urai dia.

Di tempat yang sama, Joddy Caprinata menambahkan, bahwa terdapat tips dalam melindungi data pribadi dengan melakukan 5P, pertama pembatasan informasi dan data pribadi, pantang meminjamkan gadget pribadi, perkuat password, perhatikan permission, dan yang terakhir pelaporan jika terjadi insiden.

“Lindungi diri dengan memulainya dari hal yang kecil, dari diri sendiri, dan dari sekarang,” urai dia dalam seminar Ngobrol Bareng Legislator. 


Sumber  : https://www.radarbogor.id/2023/02/10/jaga-data-pribadi-dalam-dunia-digital-kominfo-bagikan-tipsnya/

Comments