Jarang Diketahui! Ini Tips Ampuh Hadapi Hacker Wajib Dicoba

Belum lama ini hacker dengan nama Bjorka mengklaim memiliki pribadi dari sejumlah orang penting di Indonesia.

Bahkan hacker Bjorka yang mengklaim memiliki data pribadi beberapa masyarakat Indonesia menawarkan harga atau menjualnya di media sosial.

Karena ulah hacker Bjorka ini membuat masyarakat lebih hati hati, lantas bagaimana caranya?

 Serangan hacker bisa berasal dari mana saja, jika kita memliki perangkat digital seperti handphone, laptop, komputer dan lainnya.

Ketika seseorang terkena serangan hacker bisa saja orang tersebut tidak menyadari.

Namun serangan hacker memang biasa tidak terdeteksi jika perangkat digital kita tidak memasang proteksi kshusus.

Saat ini banyak serangan hacker terjadi melalui internet bahkan media sosial.

Tapi anda tidak perlu merasa khawatir akan serangan hacker Bjorka tau lainnya yang belakangan marak terjadi di Indonesia.

Manadoku kini memberikan solusi untuk menghindari ulah hecker yang bisajadi mengintaimu.

Aktifkan Ekripsi disk di Komputer
Enkripsi adalah proses teknis merubah informasi menjadi kode rahasia, Full Disk Encryption (FDE) merupakan metode untuk mengenkripsi hard drive anda sehingga data pada drive selalu dienkripsi

Ketika kamu mengaktifkan fitur ini, informasi data pribadi pada komputer kamu akan tetap aman meskipun komputer anda hilang ataupun dicuri.

Hindari Menggunakan Password yang sama, buatlah yang kompleks
Jika saat ini Anda menggunakan password yang sama untuk semua perangkat, segeralah diubah. Pasalnya hacker akan dengan mudah mengambil alih seluruh akun media sosial hingga perangkat Anda.

Menggunakan password yang lemah akan memudahkan hacker untuk mengambil alih perangkat Anda.

Password yang lemah biasanya berupa kata sandi yang berisikan data pribadi seperti nama Anda, tanggal lahir, ataupun nama keluarga.

Kombinasi angka 1, 2, 3 dan seterusnya juga termasuk ke dalam password lemah, jadi agar password Anda rumit, gunakanlah kombinasi huruf dan numerik.

Anda bisa membuat password dengan campuran angka, huruf kapital, maupun simbol untuk menjauhkan dari serangan hacker.

Pakai Jawaban Palsu 
Saat mengisi pertanyaan ketika memverifikasi keamanan atau biasa disebut Security Question untuk password Anda,

pastikan Anda memberikan jawaban palsu atas pertanyaan pribadi, contohnya seperti nama anggota keluarga.

Memberikan jawaban asli dapat memudahkan hacker mengetahui kehidupan asli Anda, bisa saja mereka akan menggunakan data tersebut untuk melakukan Phising.

Apalagi dengan adanya laman bernama Whitepages yang dapat mencari tahu nama, nomor telepon, bahkan alamat rumah seseorang.

Cek perizinan aplikasi
Saat Anda memasang sebuah aplikasi, pastikan cek terlebih dahulu perizinan yang diperlukan oleh aplikasi itu untuk beroperasi di perangkat Anda.

Jika ada keanehan dalam perizinan aplikasi itu, Anda harus waspada, contohnya aplikasi kalkulator Anda yang meminta akses kontak telepon. Jika akses yang diminta tidak sejalan dengan fungsinya, Anda patut waspada.

Jangan bagikan data pribadi sembarangan
Saat Anda ingin mengisi data pribadi di sebuah laman maupun saat belanja online, selalu berhati-hatilah. Caranya jaga data pribadi Anda saat berselancar di internet, yakini bahwa laman yang dikunjungi memiliki domain resmi.

Laman yang aman memiliki URL awal https:// jika laman yang Anda kunjungi memiliki URL http, berhati-hatilah, kemungkinan besar itu adalah laman ilegal yang tidak aman untuk Anda kunjungi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah serangan hacker terjadi pada diri Anda.

Selalu hati-hati saat orang yang tidak dikenal mengirimkan link aneh, bisa saja Anda terkena Phising saat mengklik link tersebut.


Sumber : https://manado.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-2366228951/jarang-diketahuiini-tips-ampuh-hadapi-hacker-wajib-dicoba

Comments