Kenali Ciri-Ciri Berikut Ini Untuk Menghindari Pencurian Data Pribadi

Kejahatan dunia maya sedang marak terjadi di seluruh dunia. Banyak korban sudah dirugikan dengan dicuri data-data pribadinya.

Para pelaku kejahatan biasanya akan menyamar sebagai orang terpercaya, kemudian mengirimkan link yang nantinya akan dibuka oleh korban. Padahal link tersebut sangat berbahaya dan bisa mencuri data pribadi di ponsel.

Untuk kamu yang tidak ingin menjadi korban, kenali ciri-ciri berikut agar secepatnya bisa terhindar dari kejahatan online :

1. Meminta informasi pribadi
Penipuan yang sering terjadi adalah pelaku mencoba mengelabui korban agar mengungkapkan informasi pribadi yang bersifat sensitif. Pelaku meminta korban untuk memverifikasi akun dengan memberikan tautan ke situs web palsu.

2. Menggunakan nama situs web palsu
Para pelaku kejahatan akan menggunakan situs web palsu yang dibuat sangat mirip dengan aslinya. Penggunaan situs palsu ini dimaksudkan untuk mengelabui korban agar korban mudah percaya.

3. Konten dari website palsu tidak sesuai dengan website asli
Tautan yang diberikan seringkali berisi konten yang lebih ringkas dari pada dari website aslinya. Kualitasnya juga jauh lebih buruk dari pada aslinya.

4. Membuat korban terburu-buru
Untuk membuat rencana jahatnya berhasil, pelaku akan berulang kali mencoba membuat korban merasa terburu-buru untuk memberikan informasi pribadinya.

5. Menggunakan email palsu
Pelaku sering mengelabui korban dengan menggunakan logo dan merk perusahaan yang asli agar email palsu yang mereka buat dapat dipercaya korban.


Sumber : https://mandalika.pikiran-rakyat.com/sains-teknologi/pr-2776245093/kenali-ciri-ciri-berikut-ini-untuk-menghindari-pencurian-data-pribadi?page=2

Comments