Lima Ribu Serangan Hacker Sukses Ditangkis, RI Diklaim Lebih Hebat dari Jerman

Direktorat Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Mabes Polri mengklaim, pertahanan siber saat perhelatan G20 di Bali, November 2022 kuat mencegah serangan hacker atau peretas. 

Bahkan Direktur Dirtipidsiber, Brigjen Pol Adi Vivid Agustiadi Bachtiar membandingkan dengan perhelatan G20 di Hamburg, Jerman yang berhasil ditembus oleh hacker.

"Kalau pengamanan kegiatan, seperti agenda internasional kayak G20 kita kuat. Jadi artinya tidak hanya sendirian, dengan BSSN, Kominfo, Siber TNI kita bisa mengawal kegiatan G20 yang dilaksanakan di Bali," kata Adi saat berkunjung ke iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2023).

"Sekedar untuk diketahui coba searching google G20 di Jerman diserang oleh hacker dan tembus. Nah berarti kita lebih hebat dari Jerman," dia menambahkan.

Adi menjelaskan, saat G20 di Bali, ada sekitar lima ribu lebih serangan hacker. Apalagi saat Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hadir pada perhelatan dunia tersebut membuat ketar ketir.

Namun serangan tersebut berhasil diminimalkan, sehingga tidak dapat menembus firewall atau dinding pertahanan siber saat G20 di Bali.

"Ada datanya di kita. Ada sekitar 5 ribu sekian kita diserang justru kita dulu konsernnya dengan tidak hadirnya Presiden Rusia kita khawatir kalau Presiden Rusia datang, tidak akan ada serangan karena mereka ke sini," jelasnya.

"Nah dengan Presiden Rusia tidak datang, takut sekali. Dan isu internasional sangat rawan perang Ukraina, kemudian Myanmar itu berpengaruh terhadap pelaksanaan G20," sambung Adi. 

"Bagaimana China keras terhadap pelaksanaan itu, jadi bukan tidak ada serangan. Ada tetapi berhasil kita minimalkan sampai tidak bisa mereka menembus firewall kita," paparnya.

Adi menyebut, pertahanan siber tidak hanya saat G20 di Bali berlangsung, melainkan seluruh website pemerintah pun turut diamankan dari serangan hacker.

"Jadi kita tidak hanya jaga di G20, tapi kita jaga seluruh website milik pemerintah. Karena mereka tidak nyerang G20 ,tapi mereka nyerang website pemerintah bobol juga beritanya sama akan dikaitkan dengan pelaksanaan G20," pungkasnya.


Sumber : https://www.idxchannel.com/news/lima-ribu-serangan-hacker-sukses-ditangkis-ri-diklaim-lebih-hebat-dari-jerman/all

Comments