Mau Hari Valentine Diprediksi Banyak Serangan Siber, Ini 5 Jenis Serangannya!

Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang yang biasa dirayakan pada 14 Februari sudah mulai terasa keseruannya namun rupanya di momen tersebut justru diprediksi akan banyak terjadi percobaan serangan siber.

Opini ini disampaikan oleh perusahaan keamanan siber Kaspersky, apa alasannya? Menurut mereka kepopuleran aplikasi kencan online sendiri yang menjadi daya tarik bagi penjahat siber. Mereka memanfaatkan Hari Valentine dan orang-orang yang menggemari aplikasi ini.

Kaspersky mengungkap lima jenis serangan siber yang banyak ditemukan pada momen Hari Valentine dan mengincar pengguna aplikasi kencang online.

1. Phishing
Istilah ini merupakan kejahatan siber dalam bentuk penipuan dengan menggunakan metode seperti berpura-pura menjadi orang yang bisa dipercaya oleh korban. 
 
Peneliti Kaspersky melaporkan aktivitas scamming yang intensif di tengah musim Valentine dengan penipu online secara ekstensif membuat halaman web palsu yang identik dengan aplikasi kencan populer.
 
Tujuannya tentu saja mengelabui individu agar memberikan informasi sensitif mereka. Akhirnya mereka bisa melakukan pencurian identitas hingga pemerasan uang dengan ancaman menyebar data pribadi.
 
2. Aplikasi Palsu
Selama beberapa bulan terakhir, para ahli Kaspersky telah melihat penjahat dunia maya mengeksploitasi nama-nama aplikasi kencan paling populer seperti Tinder, Badoo, Bumble, Grinder, dan banyak lainnya untuk menyebarkan konten berbahaya.
 
Mereka paling sering mendistribusikan adware, yang membombardir pengguna dengan banyak notifikasi, tetapi ada juga serangan dengan Trojan Spies, yang memantau aktivitas online, dan  Trojan download yang mungkin menginstal program berbahaya lainnya ke komputer korban.
 
3. Doxing
Doxing mengacu pada tindakan mengungkap dan membagikan informasi pribadi seseorang secara publik. Hal ini dapat menjadi perhatian khusus dalam konteks kencan online, di mana informasi sensitif dapat digunakan untuk menyakiti atau memeras individu tersebut.
 
Hal ini dapat mengakibatkan bahaya fisik, serta tekanan psikologis, seperti kecemasan dan rasa malu, serta berdampak negatif terhadap kesehatan mental dan hubungan. Dalam skenario terburuk, bahaya tersebut juga dapat beralih ke kehidupan nyata.
 
4. Catfishing
Kaspersky merekam banyak email spam yang menggunakan profil menarik dan identitas palsu untuk memikat korban yang tidak menaruh curiga agar memberikan informasi pribadi atau terlibat dalam komunikasi online.
 
Email ini dapat menyebarkan malware, mencuri informasi sensitif, atau menipu korban demi sejumlah uang. Mereka juga dapat menyebabkan tekanan dan kekecewaan emosional, karena para korban dapat membentuk hubungan emosional dengan identitas palsu sebelum menyadari
 
5. Stalkerware
Stalkerware adalah jenis perangkat lunak yang dapat diinstal secara diam-diam pada perangkat untuk memantau aktivitas online pengguna dan melacak lokasinya. Menurut Kaspersky, 29.312 orang di seluruh dunia terpengaruh oleh stalkerware pada tahun 2022.
 
Pelanggaran privasi ini dapat menyebabkan rusaknya kepercayaan dalam hubungan dan tekanan emosional bagi korban. Pada kasus ekstrem, bahkan dapat membahayakan keselamatan fisik korban.


Sumber : https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/dN6wGPpb-mau-hari-valentine-diprediksi-banyak-serangan-siber-ini-5-jenis-serangannya

Comments