Samsung Kenalkan Fitur Baru Message Guard, Satpam Siber yang Galak

Samsung baru saja memperkenalkan fitur baru Message Guard yang disematkan untuk jajaran perangkat Galaxy-nya. Fitur baru ini berfungsi sebagai satpam siber.

Dilansir dari detikINET, pihak Samsung menyebut satpam barunya bakal lebih galak. Hal ini dikarenakan Message Guard bisa melindungi pengguna dari serangan siber zero-click yang menyatu sebagai gambar.

Untuk diketahui, serangan siber zero click adalah jenis serangan yang bisa aktif meskipun korban tidak mengklik apapun. Serangan siber zero click belakangan menjadi sangat populer.

Contoh serangan siber semacam ini ditemukan oleh Citizen Lab pada 2020 yang menginfeksi iOS, tepatnya iMessage di iPhone. Serangan ini digunakan untuk menyusupkan spyware Pegasus ke HP milik jurnalis, politisi, dan aktivis antara tahun 2017 sampai 2020.

Dengan kehadiran Message Guard ini, Samsung menjanjikan penggunanya akan terlindungi dari serangan semacam ini. Fitur ini akan otomatis mengkarantina dan menetralisir gambar dengan format PNG, JPG/JPEG, GIF, ICO, WEBP, BMP, dan WBMP yang berpotensi menjadi ancaman.

Ketika perangkat galaxy menerima kiriman gambar dengan format tersebut, Message Guard akan mengisolasi file gambar tersebut, kemudian memindainya untuk mencari code malware yang terdapat di dalamnya. File tersebut bisa dibuka setelah diyakini bersih dari malware.

Untuk saat ini, Message Guard tersedia di jajaran Galaxy S23. Fitur ini nantinya akan disebar ke berbagai HP dan tablet Galaxy lain yang menjalankan One UI 5.1 ke atas.

Fitur ini juga baru berfungsi di Samsung Messages dan Messages by Google. Akan tetapi, pihak Samsung mengatakan, kehadiran fitur ini bakal diperluas ke berbagai layanan pengiriman pesan pihak ketiga yang lain.

Dikutip dari The Verge, Message Guard ini tidak perlu diaktifkan secara manual oleh pengguna karena akan berfungsi secara diam-diam di background.


Sumber : https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6580995/samsung-kenalkan-fitur-baru-message-guard-satpam-siber-yang-gala

Comments