Simak Tips Aman Selama Kencan Online di Hari Valentine

Jelang hari Valentine yang akan datang pada 14 Februari besok, pakar keamanan siber Kaspersky mengungkapkan lima ancaman siber yang harus Anda waspadai saat sedang kencan online.

“Keindahan kencan online adalah kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang dari seluruh dunia, tetapi dengan itu muncul risiko kejahatan dunia maya,” kata Anna Larkina, pakar privasi dan keamanan di Kaspersky dalam pernyataannya.

Larkina juga mengimbau agar pengguna aplikasi kencan online untuk tetap aman dengan menggunakan koneksi yang aman, merahasiakan informasi pribadi, dan berhati-hati terhadap permintaan yang tidak mencurigakan. 

Lebih dari itu, pakar privasi Kaspersky berbagi beberapa tips tentang cara membangun pengalaman kencan online yang aman untuk Anda:

Verifikasi informasi: Sebelum bertemu seseorang secara langsung atau membagikan informasi pribadi, pastikan Anda memverifikasi identitas mereka melalui profil media sosial, pencarian Google, atau metode lainnya. Jangan ragu untuk mengakhiri komunikasi dengan seseorang jika Anda  merasakan kecurigaan atau tidak dapat dipercaya.

Gunakan koneksi yang aman: Gunakan koneksi yang aman dan terenkripsi saat berbagi informasi pribadi di platform kencan online untuk mencegah peretasan atau penyadapan.

Amankan kata sandi: Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk semua akun kencan online Anda, dan jangan gunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun.

Hindari berbagi terlalu banyak: Jangan berbagi informasi sensitif, seperti nama lengkap, alamat, dan detail keuangan, sampai Anda membangun hubungan saling percaya, atau ketika Anda menjalin hubungan yang lebih serius seperti pernikahan.

Bertemu di lokasi umum: Saat bertemu seseorang secara langsung untuk pertama kalinya, pilih lokasi publik yang cukup ramai dan terang. Tidak lupa untuk memberi tahu teman atau anggota keluarga kemana Anda akan pergi.

Berhati-hatilah terhadap permintaan yang tidak diminta: Berhati-hatilah terhadap permintaan uang atau bantuan lainnya, terutama jika permintaan itu tampak tidak masuk akal untuk dilakukan di awal hubungan.

Laporkan aktivitas yang mencurigakan: Jika Anda mencurigai bahwa Anda telah menjadi korban penipuan kencan online, laporkan kepada pihak berwenang dan platform kencan online sesegera mungkin.


Sumber : https://voi.id/teknologi/253723/simak-tips-aman-selama-kencan-online-di-hari-valentine

Comments