Tanda Laptop Kena Hack dan Solusi untuk Mengatasinya

Tanda laptop kena hack perlu untuk pengguna ketahui. Laptop yang terkena serangan hack tentu akan memiliki beberapa tanda. Jika laptop terkena hack tentu membuat para pengguna tidak akan nyaman. Maka dari itu, harus mengetahui apa saja yang bisa menjadi tanda bahwa laptop terkena serangan hacker.

Inilah Tanda Laptop Kena Hack dan Cara Terbaik untuk Mengatasinya

Pengguna sering tidak menyadari jika laptop telah terkena hack. Tanpa sepengetahuan pengguna laptop bisa saja terkena serangan hacker.

Hacker memiliki keahlian dan keterampilan lebih pada bidang teknologi informasi. Sehingga mereka dengan mudahnya masuk pada sistem komputer atau jaringan tanpa adanya izin dari pemilik.

Tentu adanya hacker ini sangat merugikan bagi para pengguna laptop atau komputer. Sehingga Informasi pribadi yang tidak seharusnya diketahui orang bisa saja tersebar.

Laptop yang terkena serangan hack akan memiliki beberapa tanda. Berikut merupakan beberapa tanda bahwa laptop telah terkena serangan hacker:

Terdapat Pesan Pop Up yang Keluar

Tanda laptop kena hack yang pertama yaitu terdapat pesan pop up yang keluar. Apabila pada laptop terdapat pesan pop up yang keluar bisa menjadi tanda bahwa telah terserang hacker. Pesan pop up yang muncul tersebut akan mengganggu aktivitas dalam menjelajah sebuah situs pada internet.

Saat Anda membuka sebuah situs yang seharusnya tidak mengeluarkan pesan pop up tersebut sebaiknya berhati-hati. Hal itu bisa menjadi tanda bahwa sistem laptop sudah terkena serangan.

Muncul Software yang Tidak Diinginkan

Laptop yang terkena hack memiliki salah satu tanda yaitu munculnya sebuah software. Hal ini menjadi yang pasti bahwa laptop sudah terkena.

Pada waktu awal kehadiran malware, sebagian besar program serangan yaitu berbentuk virus. Virus tersebut bisa mengubah rangkaian sistem operasi program lain pada laptop.

Serangan tersebut bisa hacker sembunyikan sekarang. Hacker biasanya menyembunyikan serangan tersebut dalam bentuk program yang resmi. Program tersebut akan terinstal secara otomatis dalam perangkat laptop.

Akun Sosial Media Mengirimkan Ajakan pada Akun Lain Secara Otomatis

Tanda laptop kena hack selanjutnya yaitu akun sosial media mengirimkan ajakan pada akun teman tanpa Anda sadari. Anda tidak akan menyadari hal ini kecuali ada teman yang bertanya. Ajakan secara otomatis tersebut seorang hacker telah mengendalikan akun sosial Anda.

Selain mengirimkan ajakan pada pengguna lain, hacker bisa saja membuat profil palsu dengan nama Anda. Tentu hal ini sangat merugikan dan membahayakan apalagi jika terjadi sesuatu hal yang melibatkan nama Anda.

Kata Sandi Tidak Bisa Anda Gunakan

Tanda laptop kena hack selanjutnya yaitu kata sandi online tidak bisa Anda gunakan. Apabila telah mengetik kata sandi secara benar tetapi tetap tidak bisa mengaksesnya bisa menjadi pertanda laptop terkena serangan hacker. Hal ini bisa terjadi karena situs tersebut memiliki masalah teknis.

Anda bisa mengulangi lagi dalam waktu 10 sampai 30 menit. Apabila dalam waktu tersebut Anda masih gagal dalam kata sandi berarti hacker telah masuk pada akun dan sudah mengganti kata sandi.

Muncul Pesan Meminta Tebusan

Apabila Anda mendapati pesan meminta tebusan saat ingin membuka sebuah data hal itu berarti serangan hacker. Terdapat sebuah malware akan mengunci data yang tidak akan terbuka jika tidak menebusnya.

Apabila beruntung pesan tersebut akan hilang setelah melakukan format laptop. Namun jika tidak hilang Anda akan kehilangan sebuah data apabila tidak menebusnya.

Solusi Mengatasi Laptop yang Terkena Hack

Apabila laptop Anda memunculkan tanda-tanda tersebut berarti telah terkena serangan hacker. Sudah begitu segera atasi supaya Informasi pribadi lain tidak tersebar. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi laptop terkena hack yang bisa Anda ketahui seperti berikut ini:

  1. Gunakan anti virus yang aman dan handal.
  2. Akses situs web yang tidak terpercaya.
  3. Gunakan firewall yang bisa melindungi laptop dari serangan hacker.
  4. Gunakan sebuah alat pemulihan password yang kuat.
  5. Hindari install software yang bisa memudahkan akses hacker.
  6. Hapus software yang memunculkan pesan pop up.
  7. Hapus browser toolbar yang tidak Anda butuhkan.
  8. Gunakan VPN yang bisa melindungi informasi pribadi.

Nah, itu dia ulasan tentang berbagai tanda laptop kena hack yang bisa Anda ketahui. Apabila laptop telah memunculkan berbagai tanda tersebut, segera atasi supaya hacker tidak melakukan hal merugikan lebih jauh. 


Sumber : https://www.harapanrakyat.com/2023/02/tanda-laptop-kena-hack-dan-solusi-untuk-mengatasinya/

Comments