Tangkal Serangan Siber, Perusahaan AI Lokal Rajin Evaluasi

Serangan siber terus berevolusi, menyerang secara individu, lembaga hingga bisnis. Hacker akan menjadikan data rahasia yang mereka dapat sebagai tawanan untuk meminta tebusan, dijual atau hanya untuk unjuk kebolehan. 

Menurut Direktur Utama PT Exquisite Informatics (XQ) Briliantoro Waldjijo, serangan siber mempunyai macam-macam bentuk dari level koneksi jaringan hingga ke level aplikasi atau platform.

"Tentunya cara yang kita gunakan berbeda beda untuk mengatasi serangan tersebut," ujarnya kepada VIVA Tekno, Senin, 27 Februari 2023. 

Lebih dalam dia menyebut bahwa secara umum hacker memiliki motto 'tidak ada hacker hebat, melainkan hacker yang terus mencoba'. Maka untuk bertahan pun XQ juga terus mengevaluasi sistem, apakah ada celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh hacker. 

"Secara umum dapat kami sampaikan untuk menghalau serangan siner di perlukan perangkat atau tools baik berupa hardware maupun software, kemudian kebijakan dan berikutnya adalah kesadaran tentang keamanan dari seluruh stake holder di perusahaan," jelasnya.

XQ merupakan perusahaan yang menawarkan solusi implementasi analitik dan integrasi data secara menyeluruh, mulai dari data engineering (data offloading dan transformasi), data science (data preparation dan data modeling), visualisasi hingga integrasi dengan sitem yang sudah ada. 

Perusahaan yang beroperasi sejak November 2016 ini juga meluncurkan beberapa produk untuk melengkapi sistem implementasinya, termasuk Oxide (layanan data orchestration and cleansing), Vaia (layanan API Gateway and Management), Ara (sistem untuk social media listening dan online media crawling), dan Terra (layanan untuk territory management dan visualisasi). 

Data analytics atau analisa data merupakan proses pemeriksaan sekumpulan data untuk menarik kesimpulan tentang informasi yang dikandungnya, meningkatkan produktivitas dan keuntungan bisnis, tulis mereka di situs perusahaan. 

XQ akan memulai prosesnya dengan pengumpulan persyaratan yang melibatkan pemangku kepentingan klien (Analis, Manajer, Direktur), menindaklanjuti dengan penilaian data dan sistem untuk memahami aliran data. 

Perusahaan kemudian akan menyajikan solusi teknis dan menunjukkan bagaimana setiap komponen sistem berinteraksi. Setelah disetujui, tim teknis akan memulai pengembangan analitik data.


Sumber : https://www.viva.co.id/digital/digilife/1578965-tangkal-serangan-siber-perusahaan-ai-lokal-rajin-evaluasi

Comments