Waspadai Modus Penipuan Online

Perkembangan teknologi dari hari ke hari menjadi kian maju, namun bukan berarti dengan semakin canggihnya teknologi membuat kejahatan mati. Evolusi kejahatan pun turut meramaikan perkembangan teknologi yang memberikan dampak buruk dan rasa cemas kepada masyarakat. 

Contohnya saja seperti penipuan yang baru-baru ini ditemui terkait dengan modus penipuan aplikasi pengecek resi, aplikasi PLN, link untuk akses produk shopee menjadi modus-modus baru yang dilancarkan oleh para penipu.

Mirisnya masih banyak di antara kita yang tidak mengetahui modus penipuan ini, sehingga berdasarkan penuturan polisi telah dilaporkan bahwa terdapat korban modus penipuan link aplikasi pengecek resi ini yaitu sebanyak 493 orang dengan total kerugian berkisar pada 12 Milyar rupiah.

Perlu diketahui bersama bahwa bagaimana mekanisme modus penipuan ini dapat berjalan dan bagaimana cara mengatasi agar kita terhindar dari segala jenis modus penipuan online berkedok cek resi, cek PLN, dan cek pesanan shopee. Berikut penjelasan Pratama Persada sebagai pakar keamanan siber menjelaskan meskipun modus penipuan ini telah terjadi selama beberapa bulan ke belakang, namun korbannya terus bertambah sampai semasif sekarang, setidaknya dikarekana oleh:

  1. Masyarakat tidak paham akan literasi digital, bahwa handphonenya gampang terdeteksi malware
  2. Masyarakat Indonesia terbilang terlalu ramah dan percaya kepada orang lain sehingga dapat dengan mudah dibohongi dan terdoktrin oleh kata-kata orang lain.

Terlebih di zaman sekarang belanja online telah menjadi kebutuhan setiap orang, namun sayangnya tidak semua orang paham dan mengerti literasi digital. Sehingga ketika ada seseorang yang kemudian mengatasnamakan kurir untuk mengantarkan paket dengan mengirim link install aplikasi, dan mirisnya lagi masyarakat kita akan dengan mudah menekan tombol “yes” atau “allow” sehingga terjadilah pembobolan rekening lewat aplikasi yang telah diinstall tersebut.

Sebagai salah satu tindakan pencegahan agar terhindar dari modus penipuan ini adalah dengan menginstall anti virus sebagai tindakan pencegahan dini dan melakukan back-up data. Karena modus penipuan ini dapat dideteksi dengan cara melihat batrai Hp yang gampang cepat habis, data yang cepat habis, Hp gampang panas, atau mendapatkan sms-sms aneh, dan lain sebagainya.


Sumber : https://kumparan.com/user-18012023025627/waspadai-modus-penipuan-online-1zjpK6V4Fdp/full

Comments