Agar Liburan Aman dan Nyaman, Perhatikan Tip Cyber Security Ini

Libur Lebaran 2023 akan segera tiba. Adalah momen yang membahagiakan bisa berkumpul bersama keluarga. Namun jangan lupa, cyber security harus tetap dijaga.

Pasalnya para penjahat maya tidak kenal libur. Para penyerang tidak kenal lelah dan selalu mencari jalan termudah untuk mendapatkan mangsa berikutnya. Tak heran jika para pelancong kini menjadi salah satu target empuk para penjahat maya.

Sementara ketika mempersiapkan perjalanan liburan, cyber security mungkin hal terakhir yang kita pikirkan. Namun, tidak mempertimbangkan cyber security saat bepergian membuat wisatawan dan pelancong bisnis memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan siber saat jauh dari rumah.

Bepergian menempatkan kita di lingkungan yang asing sehingga kita kurang memiliki kendali terhadap lingkungan tersebut, termasuk lingkungan digital. Di tengah liburan pastinya kita sibuk dan menjadi lengah sehingga cenderung memilih untuk melakukan yang lebih nyaman meskipun tidak aman.

Untuk menghindari gangguan cyber security di saat liburan, perhatikan langkah-langkah berikut.

1. Cadangkan (back up) data yang ada di semua perangkat Anda.

Ketika perangkat hilang atau rusak saat Anda sedang bepergian, Anda tentu ingin memastikan semua file bisa dipulihkan saat Anda kembali nanti.

2. Kunci dan autentikasi perangkat dan akun Anda.

Untuk perlindungan tambahan, aktivasi fitur Multi-Factor Authentication untuk memastikan akun Anda tetap aman, bahkan ketika ada yang mencuri atau berhasil menebak password Anda.

3. Batasi aktivitas di jaringan WiFi publik.

Ketika menggunakan koneksi internet publik, perhatikan dengan cermat setiap peringatan keamanan yang muncul di perangkat Anda. Nonaktifkan fitur auto-connect

4. Lakukan pembaruan sistem hardware maupun keamanan.

Sistem yang sudah tidak update mengandung kerentanan (vulnerability) yang bisa menjadi pintu masuk bagi para peretas. Sangat direkomendasikan untuk mengaktifkan fitur automatic update pada perangkat. 

5. Jaga perangkat Anda secara fisik.

Untuk mencegah pencurian dan akses tidak sah atau kehilangan informasi sensitif, jangan pernah meninggalkan perangkat seluler Anda, termasuk USB atau perangkat penyimpanan eksternal, tanpa pengawasan di tempat umum. Amankan perangkat di taksi, di bandara, di pesawat, dan di kamar hotel Anda.

Sumber : https://infokomputer.grid.id/read/123742397/agar-liburan-aman-dan-nyaman-perhatikan-tip-cyber-security-ini?page=2


Comments