'Bos' Bjorka Dipenjara 20 Tahun, Simak Daftar Kejahatannya

Pemilik forum hacker Breach Forums, Pompompurin, terancam 20 tahun penjara. Sebelumnya, dia ditangkap FBI karena melakukan konspirasi penipuan akses perangkat.

Laman IT Pro melaporkan, hukuman untuk kasus penipuan bisa berbeda-beda berdasarkan variabel tertentu, dikutip Selasa (21/3/2023).

Salah satu variabelnya, apakah individu pernah dituntut dengan kejahatan serupa di masa lalu atau tidak.

Untuk pelanggaran yang dilakukan pertama kali, tersangka dapat didenda hingga US$ 25.000 (Rp 383 jutaan) dan atau hukum 10-15 tahun penjara. Sementara itu, hukuman 20 tahun penjara didapatkan jika pernah menerima tuntutan yang sama sebelumnya.

Fitzpatrick disebut pernah terlibat dalam sebuah serangan siber tingkat tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan beberapa di antaranya serangan pada FBI.

Misalnya pada 2021 dia mengaku bertanggung jawab atas serangan mendistribusikan peringatan keamanan siber palsu dari akun email resmi milik FBI. Fitzpatrick juga disebut berada di balik informasi keamanan FBI dan Infragard.

Engadget mencatat Pompompurin dikaitkan dengan peretasan Robinhood tahun 2021 lalu dan sekitar 7 juta data pengguna terdampak. Setahun kemudian, Fitzpatrick dilaporkan terkait dengan kasus kebocoran data Twitter.

Saat penangkapan Fitzpatrick mengaku sebagai Pompompurin dan pemilik BreachForums. Sejak penangkapan bosnya, forum itu dilaporkan masih ada dan berjalan seperti biasanya.

Apa itu BreachForums?

BreachForums merupakan salah satu forum peretas terbesar yang ada di dunia. Kehadirannya menyusul penutupan RaidForums, forum besar lainnya pada April tahun lalu. Fitzpatrick dianggap sebagai salah satu anggota terkemuka dalam RaidForums.

BreachForums berisi salah satunya informasi kebocoran dan penjualan data pribadi milik sejumlah situs yang diakses publik. Basis data di dalamnya diklaim mencapai 1.000 organisasi.

Salah satu postingan terbaru adalah dari peretas bernama Kernelware. Minggu lalu dia menyatakan membocorkan data yang dicuri dari perusahaan keamanan siber asal Swiss, Acronis ke BreachForums.

Data orang Indonesia juga sering terlihat di dalam forum ini. Kasus paling terkenal adalah berasal dari Bjorka yang mengklaim memiliki banyak data masyarakat Indonesia dari beberapa platform digital BPJS Kesehatan dan PeduliLindungi.

Bjorka juga membocorkan data pribadi terkait registrasi SIM Card. Data pejabat publik Indonesia, data KPU, dan daftar judul surat yang ditunjukkan untuk presiden Joko Widodo (Jokowi) juga pernah dibocorkan oleh Bjorka.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230321103123-37-423470/bos-bjorka-dipenjara-20-tahun-simak-daftar-kejahatannya

Comments