Kebocoran Data hingga Pasar Gelap

Kebocoran pihak ketiga

Pengguna layanan internet yang tidak aman, atau klien perusahaan yang membocorkan database dengan data pelanggannya, cukup membuat seseorang berada dalam risiko.

Perusahaan yang menganggap keamanan siber secara serius, tidak menyimpan kata sandi pengguna sama sekali, atau setidaknya melakukannya dalam bentuk terenkripsi.

Namun, Anda tidak pernah bisa yakin ada langkah-langkah yang pasti dan terukur, untuk menghindari hal tersebut.

Broker akses awal

Pasar gelap, bisa menjadi sumber kata sandi curian. Penjahat siber mungkin mencuri kata sandi pengguna, tapi belum tentu menggunakannya. Mereka melihat ini mungkin lebih menguntungkan untuk dijual secara grosir.

Membeli basis data kata sandi semacam itu sangat menarik bagi penjahat dunia maya.

Hal itu karena memberi mereka semua di dalam satu. Pengguna cenderung menggunakan kata sandi yang sama di sejumlah platform dan akun, seringkali mengikat semuanya ke email yang sama.

Dengan demikian, hanya memiliki kata sandi dari satu platform, penjahat dunia maya dapat memperoleh akses ke banyak akun korban lainnya, dari akun game hingga email pribadi atau bahkan akun pribadi di situs web dewasa.

Basis data perusahaan yang bocor, mungkin mengandung atau tidak mengandung kredensial, juga dijual di pasar gelap serupa.

Harga basis data semacam ini bervariasi, tergantung dari jumlah data dan industri organisasi, di mana beberapa data password, bisa dijual dengan harga ratusan dolar.

Comments