Petakan Potensi Sumber Energi Surya di Papua, Mahasiswa Geofisika Unpad Raih Diamond Award

Empat mahasiswa Program Studi Geofisika Universitas Padjadjaran meraih penghargaan tinggi (Diamond Award) pada ajang International Competition of Five Minutes Thesis (Icofimit) 2023 yang diselenggarakan secara daring pada 6 Januari 2023 – 18 Maret 2023. 

Empat mahasiswa tersebut adalah Tubagus Nur Rahmat Putra, Dhiyya Muhammad Madiya, Farah Duta Umari Shadra dan Nada Farhani Rustiawan. Mereka memenangkan lomba untuk kategori Degree Science, Technology, serta Engineering & Mathematics. 

Icomifit merupakan ajang kompetisi internasional tingkat mahasiswa dari berbagai bidang ilmu untuk menjelaskan penelitian secara efektif kepada masyarakat umum. Ajang ini diselenggarakan oleh MNNF Network Malaysia dan diikuti oleh 23 tim perwakilan dari 5 perguruan tinggi asal Indonesia dan 8 perguruan tinggi luar negeri.

Secara teknis para peserta diwajibkan mengirimkan paper penelitiannya untuk kemudian diseleksi oleh para juri yang berasal dari lintas negara. Bagi paper yang lolos tahap pertama, maka diwajibkan untuk mempresentasikan topik penelitiannya dalam waktu lima menit. 

Ketua tim mahasiswa Geofisika Unpad, Tubagus Nur Rahmat Putra menuturkan bahwa timnya berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Implementation of a Geographic Information System on Solar Energy Potential Mapping for Future Alternative Energy”. Secara garis besar penelitian tersebut bertujuan untuk memetakan potensi sumber energi surya di tiga provinsi Papua yang baru. 

Lebih lanjut Tubagus mengungkapkan bahwa kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sebanyak 2% dari total luas area studi memiliki potensi untuk daerah PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). 

“Penelitian ini dapat dijadikan referensi pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk sumber energi di ketiga provinsi Papua yang baru,” ujar Tubagus. 

Ketua Program Studi Geofisika Dr. Irwan Ary Dharmawan menuturkan bahwa penelitian yang dikembangkan oleh para mahasiswa Geofisika ini merupakan wujud implementasi mata kuliah berbasis luaran yang diselenggarakan di Prodi Geofisika. 

Penelitian yang dikembangkan merupakan luaran yang dihasilkan dari gabungan tiga mata kuliah di Prodi Geofisika, yaitu Sistem Informasi Geografi, Geostatistik dan Remote Sensing.

Comments