SOSIALISASI SISTEM MANAJEMEN KINERJA BERBASIS APLIKASI, RAHMA: TINGKATKAN AKUNTABILITAS DAN EFEKTIVITAS KERJA ASN


Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melaksanakan Sosialisasi Manajemen Kinerja (Simanja) di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah kantor wali kota Tanjungpinang, Selasa (28/03/2023). 

Wali kota Tanjungpinang, Hj. Rahma S.Ip MM., menjelaskan bahwa Aplikasi Simanja merupakan bentuk akuntabilitas serta efektivitas dalam meningkatkan kinerja ASN. Aplikasi Simanja merupakan Sistem Manajemen Kinerja yang dituangkan dalam bentuk aplikasi, dan juga diadopsi dari pemerintah provinsi Kepulauan Riau. 

Rahma juga menambahkan, Aplikasi Simanja ini dapat mewujudkan peningkatan kinerja, integritas, disiplin, keadilan dan kesejahteraan pegawai serta keterpaduan dan keserasian dalam pelaksanaan pemberian tambahan penghasilan pegawai, agar dapat terlaksana tepat waktu, tepat mutu, tertib administrasi, tepat sasaran dan bermanfaat serta disiplin anggaran yg berbasis penerapan berbasis teknologi.

"Sistem Informasi Kinerja ini dalam hal pengelolaan kinerja yang disinergikan dengan pembayaran TPP, selain mengakomodir sasaran dan capaian SKP Tahunan, Bulanan dan Harian setiap Aparatur Sipil Negara".Lanjut Rahma.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zukhidayat menambahkan, untuk tahap awal sebagai uji coba penggunaan aplikasi Simanja ini akan ditunjuk dan diterapkan pada 10 OPD Pemko Tanjungpinang. 

'Adapun perangkat Daerah yang menjadi Pilot project penggunaan aplikasi ini sebanyak 10 OPD, diantaranya BKPSDM, Inspektorat, BPKAD, BPPRD, Bappelitbang, Dinas Pariwisata, Dinsos, DPMPTSP, Sekwan, dan Dinas Perkim". Tutup Sekda. 

Sementara itu, Teguh Susanto, S.T., Kadis Kominfo Kota Tanjungpinang menyampaikan bahwa Aplikasi Sistem Manajemen Kinerja tersebut diadopsi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“Aplikasi Simanja telah diterapkan Pemprov Kepri dalam hal pengelolaan kinerja yang disinergikan dengan pembayaran TPP. selain untuk mengukur sasaran dan capaian SKP tahunan, bulanan dan harian setiap ASN, aplikasi Simanja ini menampilkan perolehan besaran TPP yang akan diterima ASN setiap periodenya,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa aplikasi ini akan dilaksanakan uji coba terhadap 10 perangkat daerah terhitung bulan April 2023, sehingga nantinya diharapkan pada bulan Mei ASN Pemko Tanjungpinang sudah menggunakan aplikasi Manajemen Kinerja ini secara keseluruhan.

Disamping itu, Rahma juga mengajak agar para pejabat eselon 2, 3 dan 4 untuk menghadiri dan mendampingi rangkaian safari ramadhan dan safari subuh yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah kota Tanjungpinang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. (Dinas Kominfo) 

Sumber : https://www.tanjungpinangkota.go.id/berita/sosialisasi-sistem-manajemen-kinerja-berbasis-aplikasi-rahma-tingkatkan-akuntabilitas-dan-efektivitas-kerja-asn

Comments