Aksi Mulia Siswa SMK di Garut Aktif Jadi Relawan Operator Desa Digital Hingga Pelosok


Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wikrama, Garut, Jawa Barat, aktif menerjunkan siswa jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) untuk menjadi relawan operator
 desa digital di Garut.

Para siswa dari dua jurusan sekolah swasta itu rela menjadi relawan IT desa bekerja tanpa pamrih alias gratis, membantu operator desa digital hingga pelosok, sambil mengamalkan ilmu yang mereka peroleh dari sekolah.

“Istilahnya kami jadikan sebagai relawan IT untuk membantu masyarakat desa,” ujar Kepala Sekolah SMK Wikrama Garut Mochamad Sofyan, Sabtu (1/4/2023) petang.

Menurut Sofyan, keterpanggilan para siswa bidang IT itu berangkat dari masih minimnya operator desa yang mampu mengoperasikan fasilitas Sistem Informasi Desa (SID) yang diberikan pemerintah.

“Kenapa tidak kami ambil peran itu, lalu kami coba di desa terdekat Tanjung Kemuning, dan responsnya bagus sekali,” kata dia.

Selama ini salah satu penyebab belum optimalnya peran fasilitas SID tiap desa, akibat masih minimnya operator handal di desa dalam melayani warga.

“Apalagi sebelumnya biaya pelatihan SID harganya sampai jutaan mahal sekali, kami justru cukup menghadirkan siswa jurusan IT, mereka berikan pelatihan pengoperasian secara gratis,” ujar dia.

Menggunakan sistem teaching factory atau model pembelajaran SMK berbasis produksi atau jasa yang mengacu pada standar dan prosedur di industri, mereka bekerja sesuai target dan kebutuhan digital tiap desa.

“Selain Garut banyak desa yang meminta bantuan kami, dari Solo, Medan, Sumatera Utara, mereka ingin mengadopsi kesukseskan kami,” kata dia.

Dalam perakteknya, selain menjadi mentor fasilitas SID di desa, para siswa Anak Baru Gede alias ABG itu memberikan pelatihan sistem pengoperasional Microsoft Office entry data melalui Excel, kemudian laporan keuangan desa dan bumdes.

“Siswa kami juga memberikan pendampingan sistem PKK dan parenting ibu-ibu PKK untuk membantu pelayanan masyarakat desa,” ujar dia.

Sumber : https://www.liputan6.com/regional/read/5250169/aksi-mulia-siswa-smk-di-garut-aktif-jadi-relawan-operator-desa-digital-hingga-pelosok

Comments