BSSN Siap Jaga Ruang Siber Indonesia demi Keamanan Nasional


Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (
BSSN) Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian memastikan pihaknya akan terus menjaga ruang siber Indonesia demi terwujudnya keamanan nasional dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan Hinsa saat memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 BSSN pada Selasa (4/4/2023) di Kantor BSSN, Depok.

"Sejarah panjang persandian dan nilai-nilai perjuangan yang ada di dalamnya, menjadi embrio terbentuknya BSSN yang harus selalu diingat dan dilestarikan oleh kita bersama sebagai generasi penerus, untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu kita, dalam mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia tercinta,” ujar Hinsa Siburian.

Peringatan HUT ke-77 BSSN ini mengangkat tema 'Bersama BSSN, Kita Jaga Ruang Siber'. Upacara ini dihadiri oleh para kepala BSSN/Lembaga Sandi Negara sebelumnya, pejabat struktural BSSN, pegawai, serta taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara.

Menurut Hinsa, BSSN tidak bisa bekerja sendiri dalam mewujudkan keamanan siber nasional. Dia menilai keamanan siber harus ditangani secara kolektif oleh seluruh pemangku kepentingan di ranah siber.

"Karenanya BSSN mengajak seluruh komponen bangsa, baik penyelenggara negara, pelaku usaha, akademisi, dan berbagai lapisan masyarakat untuk berkolaborasi bersama BSSN dalam menjaga ruang siber, guna mewujudkan keamanan nasional dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap Hinsa.

Hinsa juga mengungkapkan pihaknya sedang berupaya agar dr. Roebiono Kertopati, selaku pendiri persandian yang merupakan embrio Badan Siber dan Sandi Negara, mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

"Saat ini, kita bisa berada di sini karena jasa beliau," pungkas Hinsa.

Sumber : https://www.beritasatu.com/nasional/1036612/bssn-siap-jaga-ruang-siber-indonesia-demi-keamanan-nasional

Comments