Elon Musk Dirikan Perusahaan AI Baru


Elon Musk akan mendirikan perusahaan kecerdasan buatan (AI) baru bernama X.AI Corp, menurut Wall Street Journal dan Financial Times.

Menurut dokumen pengajuan kepada negara tentang pendirian perusahaan—yang dilayangkan bulan lalu, X.AI Corp didirikan di Nevada, Amerika Serikat. Dicatat juga bahwa Musk merupakan direktur tunggal, serta Jared Birchall, direktur kantor keluarganya, sebagai sekretaris.

Diketahui, Muski dikenal memiliki kedekatan khusus dengan huruf “X”, dan bahkan baru-baru ini mengganti nama Twitter, Inc. menjadi X Corp.

Musk sendiri tak asing dengan proyek AI. Dia pernah ikut mendirikan OpenAI, sebelum akhirnya ia meninggalkan perusahaan sektar satu dekade lalu. Namun, setelah popularitas ChatGPT meroket, Musk mendorong regulator dan menandatangani surat terbuka untuk mendesak para pemimpin teknologi untuk menghentikan pengembangan sistem AI ChatGPT selama enam bulan. Menurut Journal, Musk menilai bahwa ChatGPT bias secara politis.

Namun, pada titik ini, motivasi Musk untuk mendirikan X.AI Corp dan membangun saingan ChatGPT yang sesungguhnya masih belum jelas. Pun belum jelas seberapa besar kemajuan AI yang dibesut Musk. Dia dilaporkan mempekerjakan dua mantan peneliti DeepMind pada bulan Maret, termasuk ilmuwan Igor Babuschkin, yang dilaporkan memimpin proyek baru tersebut. Musk juga dilaporkan membeli 10.000 GPU untuk pengembangan AI di salah satu pusat data Twitter. Selain itu, Times melaporkan bahwa Musk sudah berbicara dengan investor Tesla dan SpaceX untuk memasukkan uang ke dalam perusahaan barunya.

Sumber : https://channel9.id/elon-musk-dirikan-perusahaan-ai-baru/

Comments