Indeks Literasi Digital di Indonesia Meningkat dalam Tiga Tahun Terakhir



Ekosistem ekonomi digital adalah semua kegiatan ekonomi yang memanfaatkan internet dan mengubah proses bisnis hingga menciptakan mekanisme baru seperti di sektor TIK, e-commerce, logistik, finansial, kesehatan, edukasi, hingga pariwisata.

Agar ekonomi digital dapat tumbuh sesuai dengan apa yang diharapkan, inklusivitas menjadi kunci keberhasilannya.

Berdasarkan riset yang berjudul “Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia”, terlihat bahwa masyarakat di luar kota metropolitan sudah semakin terbiasa dengan ekonomi digital, terutama e-commerce.

Namun, inklusivitas ekonomi digital yang masih minim disebabkan oleh belum meratanya faktor penunjangnya.

Menurut laporan East Ventures - Digital Competitive Index (EV-DCI) 2023, adapun faktor penunjang dari pemerataan ekonomi digital di Indonesia khususnya di luar daerah metropolitan adalah infrastruktur, regulasi, dan kemampuan digital masyarakat.

Pemerataan ekosistem digital juga dipengaruhi oleh peningkatan kemampuan digital masyarakat. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kemenkominfo dengan KIC, Indeks Literasi Digital masyarakat Indonesia selalu meningkat dalam tiga tahun ke belakang.

Pada tahun 2020, indeks literasi digital di Indonesia sebesar 3,47. Kemudian di tahun 2021, indeks literasi digital Indonesia mengalami peningkatan hingga 3,49 dan 3,54 pada tahun 2022.

Hal tersebut menunjukkan bahwa proses transformasi digital di tanah air yang semakin baik. Selain itu, dalam masalah pemerataan tidak ada perbedaan signifikan hasil indeks dan masing-masing pilar antara wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) dan Non 3T.

Untuk meningkatkan literasi digital masyarakat di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri telah menyediakan program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), guna meningkatkan kemampuan digital melalui empat pilar, yaitu digital skill, digital ethic, digital safety, dan digital culture.

Sumber : https://voi.id/teknologi/271063/indeks-literasi-digital-di-indonesia-meningkat-dalam-tiga-tahun-terakhir


Comments