Jelang KTT ASEAN Summit 2023, Tim Aju BSSN Survei Lokasi di Labuan Bajo


Jelang KTT ASEAN Summit 2023 pada Mei mendatang, Tim Aju Badan Siber Sandi Negara (BSSN), melakukan survey di sejumlah lokasi di Labuan Bajo. Target utama survey adalah memastikan lokasi bebas dari serangan cyber.

Sebelum survey, tim Aju BSSN mengunjungi kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, sekaligus koordinasi kegiatan. Tim diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Setahu di ruang kerjanya, Selasa (4/4/2023).

Kepada tim Aju BSSN, Kadis Paulus yang didampingi oleh Kepala Bidang Layanan Tata Kelola Aplikasi dan Informatika, Tarsi Cai, menjelaskan secara umum kondisi jaringan internet di Labuan Bajo.

Sementara itu, Gultom, yang mewakili Tim Aju BSSN menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kadis Paulus serta menjelaskan tentang tim yang akan melakukan kegiatan survey.

Menurut Gultom, tim yang dikirim untuk melakukan survey di sejumlah lokasi itu terdiri dari 5 (lima) orang. Dan akan bertugas di Labuan Bajo selama 5 (lima) hari, sejak Senin (3/4) hingga Jum'at (7/4).

Target utama dari survey adalah membersihkan hotel dan lokasi atau tempat-tempat yang nanti dikunjungi oleh delegasi KTT Asean Summit dari serangan cyber.

Lanjut Gultom, timnya akan mengetahui potensi-potensi yang diperkirakan akan terjadi, terkait gangguan cyber.

Terkait pengamanan cyber menjelang dan saat pelaksanaan KTT Asean Summit, lanjut Gultom, BSSN akan terbagi dalam 3 tim, yakni tim keamanan sandi, yang bekerja terkait internet, website, dan lain sebagainya.

Tim berikutnya adalah yang melakukan pengendalian terhadap informasi, seperti berita-berita hoax yang berdampak buruk pada image pelaksanaan KTT ASEAN Summit.

Tim yang terakhir adalah yang fokus melakukan pengamanan signal, yang bertugas khusus untuk mengendalikan signal, dalam rangka antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak dikehendaki.

Pada kesempatan itu, Gultom juga memohon fasilitas ruangan kepada Kadis Paulus, untuk digunakan oleh tim menjelang dan selama kegiatan KTT ASEAN Summit berlangsung. Ruangan itu sangat dibutuhkan sebagai pusat kendali dan tempat tim BSSN bekerja.

Kadis Paulus merespon permohonan dengan baik, kemudian menunjuk salah satu ruangan di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika untuk dipakai oleh tim.

Sumber : https://infopublik.id/kategori/nusantara/729176/jelang-ktt-asean-summit-2023-tim-aju-bssn-survei-lokasi-di-labuan-bajo

Comments