Modus Baru Pencurian Mobil, Manfaatkan Peretasan Sistem IoT Kendaraan

 

Pakar keamanan otomotif menemukan cara baru dalam pencurian mobil yang dilakukan oleh penjahat siber. Mereka mampu meretas sistem kontrol kendaraan melalui lampu depan.

Sistem kontrol ini dikelola oleh Controller Area Network (CAN), sebuah protokol Internet of Things (IoT) yang memungkinkan perangkat dan pengontrol berkomunikasi satu sama lain di dalam mobil.

Menurut informasi yang dikutip dari Ubergizmo, Kamis (13/4/2023), peretas dapat mengakses CAN dan menguasai mobil hanya dengan memanipulasi Electronic Control Unit (ECU) di lampu depan.

CAN memiliki tanggung jawab atas beberapa fungsi, seperti rem, lampu depan, kunci pintar, dan panel powertrain tempat kontrol mesin berada. 

Berdasarkan postingan blog Vanis Automotive Labs CTO, Ken Tindell, pendekatan ini merupakan cara unik yang belum pernah ada sebelumnya dalam kasus pencurian mobil.

Metode ini menyoroti kerentanan protokol IoT seperti CAN sehingga langkah-langkah keamanan kendaraan dalam sistem otomotif perlu terus ditingkatkan. 

Tindell memperingatkan bentuk injeksi CAN ini harus menjadi pertimbangan produsen mobil untuk mengembangkan keamanan jaringan kendali pada kendaraan mereka. 

“Sebagai seorang teknisi mobil, fokus Anda adalah mengatasi berbagai tantangan seperti meminimalkan pemasangan kabel, meningkatkan keandalan, dan mengurangi biaya. Keamanan siber mungkin tidak selalu menjadi yang terdepan dalam pikiran Anda,” ujar Tindel.

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/5259485/modus-baru-pencurian-mobil-manfaatkan-peretasan-sistem-iot-kendaraan

Comments