MSI Diserang Ransomware oleh Hacker, Ini Dampaknya bagi Perusahaan


Perusahaan perangkat keras asal Taiwan, 
MSI telah diserang hacker. Dikatakan bahwa mereka telah melihat adanya pelanggaran data setelah sebelumnya mendapat kiriman ransomware.

MSI mengaku telah mengambil langkah evaluasi untuk melihat seberapa parah data yang berhasil dibobol para hacker dari serangan. Mereka juga menyebut telah melaporkan kejadian mengerikan itu kepada otoritas pemerintah terkait.

Setelah mendeteksi beberapa sistem informasi yang diserang oleh peretas, departemen TI MSI telah memulai mekanisme pertahanan keamanan informasi dan prosedur pemulihan," kata MSI dikutip dari Techradar, Senin (10/4/2023).

"Perusahaan juga telah melaporkan anomali tersebut kepada otoritas pemerintah terkait," ucapnya lagi.

MSI mengatakan serangan dilakukan dengan metode yang sangat langka. Perusahaan juga hingga saat ini belum mengetahui pasti kapan sistem berhasil dibobol. Mereka hanya menduga-duga serangan berlangsung beberapa bulan lalu.

Meski mendapat serangan, MSI menegaskan bahwa serangan tidak memiliki dampak operasional atau keuangan yang signifikan. Ia juga mengklaim telah berhasil melakukan langkah pegendalian keamanan.

"Tidak ada dampak signifikan terhadap bisnis kami dalam hal keuangan dan operasional saat ini. Perusahaan juga meningkatkan langkah-langkah pengendalian keamanan informasi jaringan dan infrastrukturnya untuk memastikan keamanan data," kata MSI.

Mamun, serangan memperingatkan penggunanya untuk mendapatkan pembaruan BIOS dan firmware dari sumber resmi. MSI mengimbau agar pengguna tidak menggunakan file dari sumber selain situs resmi.

Diberitakan sebelumnya, geng ransomware dilaporkan berhasil menyusup ke beberapa sistem MSI dan mencuri file yang akan dibocorkan secara online minggu depan jika perusahaan menolak membayar tebusan $4 juta.

Meskipun perusahaan tidak mengatakan siapa yang berada di balik serangan itu, aktor ancaman yang dikenal sebagai Money Message telah mengaku menjadi pelanggar sistem MSI dan mencuri beberapa file.

Sumber : https://www.celebrities.id/read/msi-diserang-ransomware-oleh-hacker-ini-dampaknya-bagi-perusahaan-ASP823

Comments