Regulator Cina Akan Lakukan Peninjauan Keamanan Siber pada Produk Micron Technology Inc.

 

JAKARTA - Lembaga Pengatur Siber China akan melakukan tinjauan keamanan siber pada produk yang dijual di negara itu oleh produsen chip memori AS, Micron Technology Inc. Demikian diumumkan oleh regulator cyberspace tersebut pada Jumat, 31 Maret.

Langkah ini, yang terjadi di tengah perselisihan tentang teknologi chip antara Washington dan Beijing, bertujuan untuk melindungi keamanan rantai pasokan infrastruktur informasi kritis, mencegah risiko tersembunyi dan menjaga keamanan nasional. Hal ini terungkap menurut pernyataan singkat dari Cyberspace Administration of China (CAC). Namun, tidak disebutkan rincian lain, termasuk produk Micron mana yang sedang ditinjau.

Dalam pernyataan kepada Reuters, Micron mengatakan bahwa mereka menyadari pengumuman itu dan "sedang dalam komunikasi dengan CAC dan berkoordinasi sepenuhnya." Perusahaan menambahkan bahwa mereka mendukung keamanan produknya dan komitmen kepada pelanggan.

AS telah memberlakukan serangkaian kontrol ekspor pada teknologi pembuatan chip ke China karena takut bisa digunakan untuk memproduksi chip untuk aplikasi seperti kecerdasan buatan yang bisa digunakan oleh militer China, dan menempatkan sejumlah besar perusahaan chip China, termasuk pesaing Micron, Yangtze Memory Technologies Co Ltd, dalam daftar hitam.

Micron, salah satu pembuat chip memori terbesar di dunia, belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar. Saham perusahaan ini turun 3% menjadi 61,15 dolar AS pada Jumat. "Tindakan pembalasan terhadap Micron bisa menunjukkan pergeseran kebijakan China yang lebih luas dengan vendor AS lain yang memiliki paparan besar terhadap China kini berisiko menghadapi tindakan serupa," kata analis Wedbush Securities, Matthew Bryson, dikutip Reuters.

Pada Jumat, Jepang mengumumkan bahwa mereka akan menyelaraskan kontrol perdagangan teknologi mereka dengan dorongan AS untuk mengendalikan kemampuan China dalam membuat chip canggih. Belanda, yang membuat peralatan litografi canggih yang sangat penting untuk pembuatan chip canggih, mengumumkan hal serupa pada awal bulan ini.

Permintaan konsumen yang lemah telah mengguncang pasar chip memori, yang didominasi oleh Samsung Electronics  dari Korea Selatan. Micron memperoleh sekitar 10% dari pendapatannya dari China, tetapi belum jelas apakah tinjauan itu akan memengaruhi penjualan perusahaan kepada pelanggan non-China di negara tersebut.

Bagian yang lebih besar dari produk perusahaan yang mengalir ke China dibeli oleh perusahaan non-China untuk digunakan dalam produk yang diproduksi di negara itu, menurut para analis. Micron memiliki kantor di Shanghai dan Shenzhen, serta fasilitas pengemasan chip di kota Xian. Pada awal 2022, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan menutup operasi desain DRAM mereka di Shanghai.

Sumber : https://voi.id/teknologi/269132/regulator-cina-akan-lakukan-peninjauan-keamanan-siber-pada-produk-micron-technology-inc

Regulator Cina Akan Lakukan Peninjauan Keamanan Siber pada Produk Micron Technology Inc. Regulator Cina Akan Lakukan Peninjauan Keamanan Siber pada Produk Micron Technology Inc. Reviewed by cessapkldcms on April 04, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.