Sertifikasi Data Center Teknisi Muda


Selama beberapa dekade terakhir, pertumbuhan bisnis dan kemajuan teknologi telah saling terkait satu sama lain untuk bersinergi demi kemajuan yang kontinyu. Dengan setiap kebutuhan bisnis baru, teknologi telah melangkah untuk memberikan solusi yang tepat. Modal yang luar biasa besar telah diinvestasikan dalam perangkat keras dan piranti lunak baru, sehingga membuat infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi setiap organisasi yang memanfaatkannya. Oleh karena itu selama bertahun-tahun organisasi yang paling berhasil dalam menopang pertumbuhan adalah mereka yang telah mengambil keuntungan dari inovasi baru sambil mengurangi biaya, kompleksitas, dan kelebihan kapasitas.

Sebuah pusat data merupakan fasilitas yang merupakan pusat dari kegiatan operasional TIK beserta seluruh komponen peralatannya, dan merupakan tempat dimana sebuah organisasi menyimpan, mengelola, dan menyebarluaskan data. Pusat data menjadi wadah untuk sistem informasi sebuah organisasi dan merupakan infrastruktur sangat penting untuk kelangsungan operasi sehari-hari. Konsekuensi dari realitas ini adalah bahwa keandalan pusat data adalah prioritas utama bagi tiap organisasi.

Dengan begitu banyak pusat data dan penyedia komputasi awan (cloud computing services) di luar sana hari ini, bila sebuah pusat data tidak melaksanakan perbaikan terus-menerus untuk fasilitas dan operasionalnya, maka pusat data tersebut memiliki risiko kehilangan pelanggan/pengguna yang berpindah ke penyelenggara layanan pusat data lain.

Deskripsi Sertifikasi Data Center Teknisi Muda

Sebuah pusat data yang baik harus memiliki strategi untuk secara berkala melakukan audit kinerja pusat data dan mengidentifikasi ruang-ruang untuk perbaikan. Sejalan dengan inovasi teknologi yang dibuat sepanjang waktu, maka kegiatan evaluasi peralatan dan penyusunan jadwal berkala untuk peremajaan (upgrade) akan dapat membantu pusat data mempertahankan dan meningkatkan efisiensi dari waktu ke waktu.

Peningkatan kinerja sebuah pusat data tidak hanya difokuskan pada perangkat keras dan peralatannya saja, tapi hal yang paling penting adalah memastikan bahwa sebuah pusat data dirancang, dikelola, dan dioperasikan oleh SDM dengan kompetensi yang handal dan sesuai dengan tugas dan jabatannya. Hal ini semakin penting untuk profesional/tenaga kerja bidang TIK, khususnya bidang pengelolaan pusat data untuk memenuhi tantangan hari ini, dan secara proaktif menggapai tujuan mereka di masa depan. Dengan tersedianya SDM yang handal, profesional, dan memiliki keahlian dalam mengelola sebuah pusat data akan mendukung kinerja TIK yang optimal, karena diharapkan akan dapat memberikan jaminan infrastruktur pusat data yang tangguh dan terawat dengan baik.

Keterampilan dan keahlian mengelola sebuah pusat data merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh SDM yang memiliki tugas dan tanggung jawab di bidang pusat data. Untuk membantu organisasi dan anggota saat ini dan masa depan tenaga kerja ini, PT Centra Gama Indovisi bekerjasama dengan Lebaga Sertifikasi Profesi bermaksud memberikan pengetahuan dan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh praktisi pengelolaan pusat data melalui Pelatihan Sertifikasi BNSP Teknisi Pusat Data Muda.

Tujuan Sertifikasi Data Center Teknisi Muda

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu:

  1. Menyusun anggaran pengelolaan pusat data
  2. Mengelola kegiatan operasi pusat data harian
  3. Mengelola siklus hidup peralatan dan perangkat pusat data
  4. Mengelola kegiatan perawatan pusat data
  5. Menyusun dan mengelola dokumentasi
  6. Menyusun Rencana Pemeliharaan Pusat Data
  7. Mengelola Keselamatan Kerja
  8. Mengelola Keamanan Fisik Pusat Data
  9. Mengelola Kegiatan Pembersihan Pusat Data
  10. Melakukan Pengawasan Pusat Data
  11. Melakukan Proses Audit Secara Berkala

Unit Kompetensi Sertifikasi Data Center Teknisi Muda

  1. J.631100.011.01 Mengelola kegiatan operasi pusat data harian
  2. J.631100.013.01 Mengelola siklus hidup peralatan dan perangkat pusat data
  3. J.631100.014.01 Mengelola kegiatan perawatan pusat data
  4. J.631100.009.01 Mengelola Keselamatan Kerja
  5. J.631100.010.01 Mengelola Keamanan Fisik Pusat Data
  6. J.631100.012.01 Mengelola Kegiatan Pembersihan Pusat Data

Instruktur Pelatihan Sertifikasi Data Center Teknisi Muda

TIM ASOSIASI YANG BEKERJASAMA DENGAN LSP

Persyaratan Peserta

Persyaratan Dasar

  • Minimal telah menyelesaikan pendidikan Diploma Satu (D1); Atau
  • Telah berpengalaman kerja pada lingkup yang sesuai dengan Skema Teknisi Pusat Data Muda minimal 1 tahun secara berkelanjutan.

Persyaratan Sertifikasi

Comments