7 Universitas di Indonesia yang Miliki Jurusan Cyber Security


Ada sejumlah universitas di Indonesia yang memiliki jurusan cyber security. Kebanyakan orang menyebut cyber security sebagai salah satu jurusan yang cukup diminati karena terkait dengan kebutuhan dan prospek pekerjaannya. 

Di Indonesia sendiri memang masih sangat sedikit yang memiliki jurusan ini.

Tapi, tenang bagi yang ingin memilih berkuliah di jurusan cyber security, ada 7 kampus di Indonesia yang bisa jadi bahan pertimbangan. 

7 Universitas di Indonesia yang Miliki Jurusan Cyber Security

1. Telkom University 

Kebanyakan orang pasti kalau PTS untuk jurusan Cyber Security lebih tahu Binus Univesity. Tapi, ternyata ada juga selain di Binus yaitu, Telkom University

Sebenarnya, jurusan Cyber Security sendiri di Telkom terdapat pada program master (S2). Nama jurusannya, Cyber Security dan Digital Forensic.  

Ada beberapa hal yang kamu pelajar pada jurusan ini seperti, Prinsip Dasar Keamanan, Sekuritas dan Privasi, Forensik Digital yang merupakan mata kuliah umum dan semua mahasiswa akan mendapatkannya. Tapi, ada beberapa mata kuliah pilihan yang sesuai dengan arah karier-mu atau peminatan-mu.

Antara lain, seperti Keamanan Internet of Things, Kejahatan dan Hukum dalam Siber dan masih banyak lagi.  Program S2 jurusan ini selama 2 tahun jika lulus tepat waktu. Tapi, untuk syarat latar belakang pendidikannya hanya bisa yang berkuliah di Jurusan Teknik Informatika, Matematik, Teknik Informasi, Komputer atau yang selaras.

2. Binus University 

Bisa dibilang jurusan Cyber Security di Binus University ini merupakan jurusan dan rekomendasi Cyber Security untuk PTS. Jurusan Cyber Security untuk jenjang S1.  

Nantinya, para mahasiswa yang mengambil jurusan tersebut belajar tentang cara menghadapi berbagai kejahatan yang mengancam keamanan sistem suatu perusahaan atau pemerintahan. 

Selain itu, mahasiswa juga akan belajar untuk membuat proyek-proyek yang dapat membantu mahasiswa untuk mengeksplorasi berbagai ancaman di dunia maya serta membentuk sistem pertahanannya. 

Adapun mata kuliah yang bakal didapat antara lain, Discrete Mathematics, Linear Algebra, Data Structures, Object Oriented Programming, Algorithm Design and Analysis, Database Systems, Computer Networks, Multimedia Systems, Research Topics in Computer Science, Software Engineering, Human and Computer Interaction, Code Reengineering,Artifical Neural Network, User Experience, Information Visualization, Big Data Processing, Database Aministration, Applied Database, Introduction to Geographical Information System, Computer Security, Network and System Programming.

3. Universitas Surabaya 

Kalau jurusan Cyber Security di Universitas Surabaya namanya, Network & Cyber Security. Jurusan ini memang berfokus di bidang jaringan dan keamanan data. Untuk programnya untuk jenjang S1.

Ada mata kuliah yang bakal kamu dapatkan jika masuk di jurusan tersebut. Antara lain, seperti Data Structure, Database, Internet of Things dan masih banyak lagi. 

Tak hanya itu untuk kurikulum saat ini kamu juga bakal mendapatkan mata kuliah, Cryptography. Selain itu juga terdapat berbagai mata kuliah pilihan yang bisa kamu pilih sesuai minatmu juga.

4. Universitas Tanjungpura 

Jurusan Cyber Security di Universitas Tanjungpura ini termasuk dalam kelompok Fakultas Teknik Informatika. Tujuan dibukanya jurusan ini yaitu UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber Unniversity Terbaik di Indonesia!

5. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 

IPDN juga memiliki jurusan Cyber Security yang kampusnya berada di Sumedang, Jawa Barat.  

Nantinya para lulusannya diharapkan dapat untuk meneruskan pertahanan pemerintah Indonesia di bidang dunia digital. 
Mahasiswa  juga ditempatkan di dalam asrama kampus dengan peraturan-peraturan yang sudah diatur oleh pihak kampus.

Setiap pelanggaran yang dilakukan akan mendapatkan sanksi, dimulai dari sanksi ringan sampai sanksi berat.  

Selain mempelajari tentang dunia siber juga memiliki akses untuk mengetahui rahasia negara Indonesia yang tidak dapat diakses oleh kampus/universitas siber lainnya.

6. Pradita University 

Pradita University merupakan salah satu universitas swasta yang berada di Gading Serpong, Tangerang. Sebenarnya, cyber security di kampus ini merupakan salah satu mata kuliah. 

Aspek yang dipelajari yaitu, mengenai fenomena keamanan dalam dunia siber, mengoperasikan beberapa aplikasi untuk mengelola keamanan internet dan menerapkan regulasi serta pasal terkait dengan Cyberlaw.

7. Universitas Amikom Yogyakarta 

Universitas Amikom Yogyakarta ini juga memiliki jurusan Cyber Security untuk tingkat S1. Jurusan ini merupakan bagian dari Teknik Komputer.  

Adapun hal yang dipelajari antara lain data security & cryptography, computing algorithms & data structure, database processing, web programming, python programming, computer networks, human & organization security, o cybersecurity fundamentals, cybercrime & criminal justice,  system vulnerability assessment, web system & security, ethical hacking, malware analysis dan masih banyak lagi. 

Nah, itulah tujuh universitas di Indonesia yang memiliki jurusan cyber security. Kamu tertarik untuk mendaftar?




Comments