Data Center Jadi Komponen Penting dalam Ekonomi Digital


 Semakin bergesernya cara hidup, bermain, dan bekerja manusia ke arah digital maka kian banyak konsumen dan pengusaha yang menganut dan beradaptasi dengan teknologi digital yang baru. Hal ini mendorong peningkatan dalam kebutuhan infrastruktur digital, sehingga mendorong juga pembuatan data global yang juga tumbuh secara eksponen.

 
"Maka dari itu, data center yang dapat diandalkan, efisien, dan berkelanjutan menjadi komponen penting dalam ekonomi digital kita," kata Pieter Loesi dari ST Telemedia Global Data Centers, dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat, 9 Juni 2023.
 
Berangkat dari digitalisasi yang kian marak, Legrand Indonesia, perusahaan internasional yang bergerak dalam bidang kelistrikan dan infrastruktur gedung digital, menyelenggarakan Legrand Day 2023, yang berlangsung selama dua hari pada 7 dan 8 Juni 2023. Rangkaian acara terdiri dari beberapa kegiatan di antaranya Data Center Summit 2023.

"Kami menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta, rekanan, dan partisipan yang hadir, yang telah mensukseskan Legrand Day 2023. Kami sangat senang dapat menyelenggarakan acara ini dan menyatukan para pemimpin industri, rekan-rekan, dan pemangku kepentingan dalam bidang infrastruktur digital," ucap Country Manager Legrand Indonesia Achraf Hegazy.

Data Center Summit 2023 membahas beberapa isu yang sangat menarik seperti tren pasar dan peluang dalam bidang usaha data center serta proyeksi pertumbuhan industri data center. Panelis-panelis yang berpartisipasi dalam acara ini juga terdiri dari para pemimpin dan pelaku industri data center.
 
Tidak hanya membahas mengenai pentingnya peran data center, Achraf Hegazy mengatakan, acara tersebut juga bertujuan untuk mempersatukan dan mendorong terjadinya kolaborasi antara para pemimpin industri, rekanan, dan pelaku usaha lainnya.
 
"Saya harap acara ini dapat menjadi platform bagi kita untuk berkontribusi kepada pertumbuhan berkelanjutan data center di Indonesia. Bersama-sama, kita siap untuk membentuk industri ini," kata Achraf Hegazy.
 
Ketua Asosiasi Data Center Indonesia (IDPRO) Hendra Suryakusuma mempunyai pendapat sama. "Saya melihat banyak potensi yang dapat didiskusikan setelah acara ini. Kami berharap Legrand Indonesia dapat memberikan kontribusi lebih banyak lagi untuk industri data center di Indonesia dalam hal keberlanjutan dan peningkatan efisiensi energi," pungkasnya.

Comments