Digelar di Tiga Kota, Virtus Showcase 2023 Bahas Ketahanan Siber

 

PT Virtus Technology Indonesia (Virtus), penyedia infrastruktur digital dan anak perusahaan CTI Group, kembali menggelar acara tahunan Virtus Showcase 2023, yang kali ini akan menyambangi tiga kota: Semarang, Surabaya, dan Jakarta. 

Mengusung tema utama “Cyber Resilience: Is Your Company Prepared Enough?”, ajang ini menghadirkan para pakar dan praktisi di bidang cyber security untuk mendiskusikan tren, tantangan, dan peluang terkait cyber resilience atau ketahanan siber. Virtus Showcase 2023 digelar perdana hari ini (14/6) di Gumaya Hotel, Semarang.

Topik ketahanan siber dipilih melihat perkembangan pesat teknologi saat ini yang kemudian diikuti meningkatnya peluang ancaman siber baik dari sisi pelaku maupun metodenya. Berdasarkan laporan National Cyber Security Index (NCSI), keamanan siber Indonesia mendapat skor 63.64 dari 100 poin per 28 April 2023. Angka ini menempatkan Indonesia di peringkat ke-47 dunia. 

Sedangkan, dari sisi ancamannya, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat serangan siber di 2022 berjumlah 976.429.996 dengan anomali trafik terbanyak masih berasal dari aktivitas malware, trojan activity sebesar 10,9 persen dan disusul dengan serangan siber lainnya yang dikelompokkan sebagai serangan lain-lain sebesar 17,51 persen. 

Salah satu contoh insiden yang terjadi di Indonesia adalah pembobolan data 15 juta nasabah salah satu bank syariah terbesar di Indonesia oleh kelompok peretas LockBit yang melakukan serangan ransomware pada bulan Mei lalu. 

Sumber : https://infokomputer.grid.id/read/123812386/digelar-di-tiga-kota-virtus-showcase-2023-bahas-ketahanan-siber

Comments