Kendaraan Listrik dan Data Center Topang Pertumbuhan Kawasan Industri




Sektor industrial disebut sedang mengalami pertumbuhan dan akan terus memanfaatkan momentum positif ini. Menurut laporan Colliers Indonesia pertumbuhan terjadi terutama bila didukung oleh ekspansi ekonomi yang baik.

Head of Research dari Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan bahwa melihat kondisi ke depan, sektor industrial akan terus mendapatkan dukungan dari sektor teknologi yang berkembang pesat.
 
"Terutama dari segmen otomotif berteknologi tinggi seperti kendaraan listrik (EV) dan Data Centers," jelasnya dalam laporan, Senin, 12 Juni 2023.

Sebagai industri dengan teknologi canggih, data center akan memperkokoh posisinya sebagai sektor yang paling dinamis dalam akuisisi lahan. Selain itu, industri lain seperti sektor otomotif, energi, makanan, dan petrokimia akan menjaga laju pertumbuhan mereka.

"Secara umum, pemilik kawasan industri akan memprioritaskan memajukan transformasi lahan yang belum dikembangkan menjadi kawasan yang mudah diakses dan dapat dibangun," jelasnya.
 
Menurut Ferry, meskipun aktivitas sewa mengalami peningkatan, Colliers mengantisipasi bahwa harga sewa untuk lahan maupun bangunan akan tetap berada pada posisi seperti saat ini.
 
"Seiring dengan semakin langkanya lahan yang tersedia, aktivitas sewa-menyewa yang semakin sengit dapat memberikan tekanan tinggi pada harga sewa, terutama jika ekonomi terus berkembang secara positif," ungkapnya.
 

Comments