Kolaborasi Kominfo dan TNI Perkuat Literasi Digital Sektor Pemerintahan


 Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia bekerja sama memperkuat literasi digital sektor pemeritahan. Kegiatan itu ditandai dengan peluncuran Program Literasi Digital Sektor Pemerintahan di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada hari Selasa (13/06/2023) besok. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, kegiatan ini  merupakan bagian dari Gerakan Literasi Digital Nasional yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada  Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021. 

“Setiap tahunnya, program literasi digital ini ditargetkan untuk menjangkau peserta pelatihan dari seluruh wilayah di Indonesia. Salah satunya diarahkan untuk ASN dan sektor pemerintahan,” jelasnya di Jakarta Pusat, Senin (12/06/2023)

Menurut Dirjen Semuel, Kementerian Kominfo menargetkan program Literasi Digital Nasional sebanyak 50 juta masyarakat Indonesia terliterasi secara digital sampai tahun 2024. 

“Pemerintah berharap pelatihan literasi digital dapat menjadi penopang dari Indonesia Digital Nation yang bertumpu pada Ekonomi Digital yang kuat,” tandasnya.

Program Literasi Digital Sektor Pemerintahan merupakan upaya memperkuat  empat aspek literasi digital yaitu Digital Skills atau Kecakapan Digital; Digital Safety atau Keamanan Digital; Digital Culture atau Budaya Digital; dan Digital Ethics atau Etika Digital yang difokuskan pada dua tema pokok yaitu “Transformasi Digital Aparatur Pemerintah” dan “Netralitas Aparatur Pemerintah”. 

Kegiatan hasil kolaborasi yang bertema “Literasi Digital Sektor Pemerintahan: Peningkatan Pemahaman di Bidang Teknologi Digital bagi Prajurit TNI di seluruh Indonesia”, akan dihadiri langsung oleh Plt. Menteri Kominfo Mahfud MD dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Selain itu diikuti secara luring oleh Perwira Tinggi TNI dan daring/virtual oleh seluruh prajurit TNI. 

Kegiatan Peluncuran Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada TNI tersebut juga akan dihadiri oleh Asisten Teritorial Panglima TNI; Mayjen TNI Mochamad Syafei, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika  Kementerian Kominfo; Semuel Abrijani Pangerapan, Deputi VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kemenko Polhukam; Marsda TNI Arif Mustofa, Staf Khusus Menko Bidang Polhukam Bidang Komunikasi; Rizal Mustary, serta Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika Kementerian Kominfo; Bonifasius Wahyu Pudjianto.

Sumber : https://www.kominfo.go.id/content/detail/49602/siaran-pers-no99hmkominfo062023-tentang-kolaborasi-kominfo-dan-tni-perkuat-literasi-digital-sektor-pemerintahan/0/siaran_pers

Comments