School Digital Leaders Bootcamp 2023: Program Pelatihan Kepemimpinan Digital untuk Kepala Sekolah


 ORBIT360 bersama dengan Kemendikbudristek serta WANTIKNAS berkolaborasi menggelar program School Digital Leaders Bootcamp 2023. Program ini digelar untuk mempercepat transformasi pendidikan menjadi semakin berkualitas dan merata.

Salah satu tranformasi yang dilakukan adalah lewat pemanfaatkan teknologi digital. Seperti diketahui, transformasi digital di sektor pendidikan memberikan dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan, terutama siswa dan guru.

Menurut Ketua Tim Pelaksana WANTIKNAS Ilham A. Habibie, salah satu aspek penting dalam proses transformasi digital adalah pemimpin digital. Oleh sebab itu, program School Digital Leaders Bootcamp 2023 digelar untuk mempersiapkan kepala sekolah atau representasi sekolah menjadi pemimpin transformasi digital dan lingkungannya.

“Keberhasilan transformasi digital pendidikan ditentukan oleh beberapa hal, seperti ketersediaan sumber daya manusia, dukungan teknologi, tapi yang paling penting adalah kepemimpinan digital,” tutur Ilham A. Habibie dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (10/6/2023).

Program School Digital Leaders Bootcamp 2023 juga selaras dengan tiga pokok kebijakan Merdeka Belajar Kemendikbudristek yaitu membangun ekosistem pendidikan berbasis teknologi, berkolaborasi dengan lintas pihak, dan menggunakan data serta inovasi teknologi sebagai acuan kebijakan dan pola pembelajaran.

"Pemimpin digital di sekolah paling tidak harus memiliki empat karakter utama, yaitu problem solver, kolaboratif, mencintai belajar, dan berfokus pada siswa," ujar Dirjen PAUD DIkdasmen Kemendikburistek Iwan Syahril.

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/5315616/school-digital-leaders-bootcamp-2023-program-pelatihan-kepemimpinan-digital-untuk-kepala-sekolah

Comments