Transformasi Digital Diyakini Mampu Dongkrak Bisnis Apotek


Pesatnya perkembangan teknologi kesehatan secara otomatis mendorong pertumbuhan bisnis industri farmasi seperti apotek. Untuk itu, apotek mesti merespon perkembangan ini dengan menyediakan layanan permintaan obat-obatan dan alat kesehatan secara digital.
 
Digitalisasi ini diyakini membuat bisnis industri farmasi khususnya apotek makin menguntungkan asalkan dapat menyesuaikan diri terhadap kebutuhan masyarakat. Namun demikian, pengelolaan sebuah apotek bukanlah perkara yang mudah karena ada sejumlah tantangan.
 
"Mulai dari permodalan, proses perijinan, pengadaan barang, pengelolaan operasional dan pemasaran ataupun promosi dari apotek itu sendiri termasuk pencatatan stok barang," kata Pengurus G.P. Farmasi Indonesia DKI Jakarta, Willy Jong dalam keterangan di Jakarta, Senin, 12 Juni 2023.

PT. Digital Pharma Andalan Indonesia sebagai salah satu perusahaan startup meluncurkan aplikasi OLIN (All in One Pharmacy Management System). Aplikasi ini akan membantu pebisnis apotek dalam menyederhanakan proses operasional serta meningkatkan produktivitas.
 
Aplikasi OLIN dilengkapi fitur-fitur yang dibutuhkan dalam pengelolaan apotek dan dirancang dengan tampilan antarmuka (interface) intuitif dan ramah pengguna. Aplikasi ini juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan apotek secara digital dari awal hingga akhir (end-to-end).

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan kebutuhan pembelian produk dari distributor, penjualan kepada pelanggan, baik melalui saluran online maupun offline, pengelolaan tingkat persediaan (stok) secara efisien, sampai kepada proses laporan, dan evaluasi.  
 
Aplikasi OLIN dipastikan mampu memenuhi ketersediaan barang (obat) karena telah bekerja sama dengan PT. Millenium Pharmacon International, Tbk yang merupakan distributor farmasi. OLIN juga dapat menyesuaikan kebutuhan masing-masing apotek, seperti menggunakan sistem infrastruktur yang telah dimiliki sebelumnya.
 
"Jadi, bagi apotek yang sudah lama berdiri, tidak perlu mengubah sistem dan infrastruktur apapun. Karena itulah Cepat Pakai OLIN adalah ajakan sekaligus berarti dengan menggunakan OLIN, pengelolaan Apotek jauh lebih cepat," ujar Direktur PT. Digital Pharma Andalan Indonesia Januarto.
 
Ia mengungkapkan, OLIN mengatasi problem yang kerap dialami di apotek. Menurutnya, teknologi digital akan membantu pengelolaan apotek sehingga menghemat waktu, mengurangi kesalahan input, meminimalkan risiko stok mati dan situasi kehabisan stok.  
 
"Hal ini selaras dengan misi OLIN yakni menciptakan layanan kesehatan yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional apotek, yang bermanfaat bagi semua pihak terkait, termasuk pasien," paparnya.

Comments